Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pemberian Upah Dengan Tempurung Terhadap Pekerja Cungkil Kelapa Oleh Pengusaha Kopra (Study Kasus Di Desa Pancur Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir).

Ardiansadewa, - (2020) Pemberian Upah Dengan Tempurung Terhadap Pekerja Cungkil Kelapa Oleh Pengusaha Kopra (Study Kasus Di Desa Pancur Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
SKERIPSI GABUNG.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Ardiansadewa (2020) : Pemberian Upah Dengan Tempurung Terhadap Pekerja Cungkil Kelapa Oleh Pengusaha Kopra (Study Kasus Di Desa Pancur Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir). Upah adalah pembalasan berupa uang dan sebagainya yang dibayarkan untuk membalas jasa atau sebagai pembayaran tenaga yang sudah dikeluarkan untuk mengerjakan sesuatu. Upah adalah hak bagi pekerja yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha atau pemberi kerja kepada pekerja yang ditetapkan dan dibayarkan menurut suatu perjanjian kerja, kesepakatan atau peraturan perundang-undangan, termasuk tunjangan bagi pekerja dan keluarganya atas suatu pekerjaan dan/ataujasa yang telah atau akan dilakukan. Sebagaimana dalam perundangan yang mengatur tentang Upah Minimum dengan nominal standart di setiap daerah. Namun dalam prakteknya, masih banyak pengupahan yang di bayarkan di bawah standar upah minimum yang telah ditetapkan di setiap kabupaten. Salah satu contohnya dalam penelitian ini yang membahas tentang Pemberian Upah Dengan Tempurung Terhadap Pekerja Cungkil Kelapa Oleh Pengusaha Kopra (Study Kasus Di Desa Pancur Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir). Jenis penelitian yang penulis gunakan ialah hukum sosiologis (Yuridis Sosiologis), sedangkan sifat penelitian ini ialah Deskriptif. Adapun dalam penelitian ini, penulis meneliti langsung ke lokasi penelitian, yaitu pengusaha kopra dan pekerja/ buruh cungkil kelapa di Desa Pancur Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Dengan metode observasi dan wawancara dalam pengumpulan data, dan analisis data menggunakan teknik kualitatif. Dari hasil penelitian penulis tentang Pemberian Upah Dengan Tempurung Terhadap Pekerja Cungkil Kelapa Oleh Pengusaha Kopra (Study Kasus Di Desa Pancur Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir), dari segi pengupahan yang di berikan oleh pengusaha kepada pekerja masih jauh di bawah upah minimum kabupaten Indragiri Hilir. Dan pengusaha yang bersangkutan tidak melakukan penangguhan upah sebagaimana di jelaskan dalam pasal 90 Undang-undang Ketenagakerjaan. Selanjutnya, yang menjadi penyebab berlangsungnya sistem upah dengan tempurung yang jika di hitung dengan nominal uang (Rupiah) masih jauh dari Upah Minimum yang telah di tetapkan. Hal tersebut di karenakan ketidaktahuan masyarakat yang dalam hal ini ialah pengusaha dan pekerja tentang peraturan yang mengatur tentang upah minimum dan tata cara penangguhan upah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 02 Dec 2020 07:11
Last Modified: 02 Dec 2020 07:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31091

Actions (login required)

View Item View Item