Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL ELABORASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN METAKOGNISI SISWA SMA

Della Anggraini, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL ELABORASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN METAKOGNISI SISWA SMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Skripsi)
upload.pdf - Published Version

Download (9MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)

Abstract

Della Anggraini, (2020): Pengaruh Penerapan Model Elaborasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Metakognisi Siswa SMA Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan model elaborasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan metakognisi siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain factorial experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 5 Pekanbaru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket metakognisi, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta dokumen yang berupa data–data administrasi sekolah. teknik analisis data yang digunakan untuk hipotesis 1, 2 dan 3 adalah uji anova dua arah (two way anova). Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka didapat beberapa kesimpulan, yaitu untuk hipotesis 1 diperoleh F(A)hitung = 308,02>F(A)tabel =3,99 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Elaborasi dengan siswa yang mengikuti pembelajan dengan model konvensional. Hasil analisis data untuk hipotesis 2 menunjukkan F(B)hitung = 193,13> F(B)tabel = 3,14 dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki Metakognisi tinggi, sedang dan rendah. Sedangkan interaksi F(A×B)hitung =-263,65<F(A×B)tabel = 3.14 sehingga untuk hipotesis 3 dapat ditunjukan bahwa tidak terdapat interaksi antara model Elaborasi dan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 01 Dec 2020 06:50
Last Modified: 01 Dec 2020 06:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31082

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item