Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Tema Lingkungan Sahabat Kita kelas V Sekolah Dasar Negeri 04 Bukik Sikumpa Kecamatan Lareh Sago Halaban.

Nadya Eliza, - (2020) Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Tema Lingkungan Sahabat Kita kelas V Sekolah Dasar Negeri 04 Bukik Sikumpa Kecamatan Lareh Sago Halaban. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (9MB)
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)

Abstract

ABSTRAK Nadya Eliza, (2020): Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Tema Lingkungan Sahabat Kita kelas V Sekolah Dasar Negeri 04 Bukik Sikumpa Kecamatan Lareh Sago Halaban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk aktivitas belajar siswa pada tema lingkungan sahabat kita kelas V Sekolah Dasar Negeri 04 Bukik Sikumpa Kecamatan Lareh Sago Halaban. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa diantaranya siswa kurang menaruh minat dalam melakukan pemecahan masalah yang diberikan oleh guru dan siswa belum sepenuhnya melakukan percobaan dari permasalahn yang diberikan oleh guru. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 20 orang siswa. penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan aktivitas belajar siswa diperoleh dengan persentase sebesar 35,8% atau berada pada kategori sangat kurang. Setelah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 40% dengan kategori cukup. Pada siklus II aktivitas belajar siswa menjadi meningkat mencapai 80,5% dengan kategori sangat baik, artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada tema lingkungan sahabat kita kelas V Sekolah Dasar Negeri 04 Bukik Sikumpa Kecamatan Lareh Sago Halaban. Kata Kunci: Problem Based Learning, Aktivitas Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Nov 2020 07:38
Last Modified: 26 Nov 2020 07:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31073

Actions (login required)

View Item View Item