Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA KELOMPOK TANI GUBAL GAHARU INDONESIA DALAM MENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI TANAMAN GAHARU DI DESA TALANG JERINJING KECAMATAN RENGAT BARAT

Khresna Al Fiqri, - (2020) UPAYA KELOMPOK TANI GUBAL GAHARU INDONESIA DALAM MENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI TANAMAN GAHARU DI DESA TALANG JERINJING KECAMATAN RENGAT BARAT. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
1 2 3 6.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV & BAB V)
4 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya upaya kelompok tani gubal gaharu di Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat adalah dengan memberikan beberapa program diantaranya penyuluhan, penyediaan modal, manajemen usaha dan pemasaran hasil usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya kelompok tani gubal gaharu indonesia dalam meningkatan ekonomi masyarakat melalui tanaman gaharu di Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat. Teori yang mendasari penelitian ini diantaranya kelompok tani dan peningkatan ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan yang berpartisipasi pada penelitian ini terdiri dari key informan 1 orang yaitu ketua kelompok tani gubal gaharu Indonesia dan 4 orang anggota kelompok tani sebagai informan pendukung. Adapun hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa pada indikator mendorong untuk terus belajar upaya kelompok tani gubal gaharu Indonesia dalam meningkatkan ekonomi masyarakat ialah dengan memberikan penyuluhan kepada anggota dengan tujuan agar anggota bisa belajar dan bisa memahami bertanam gaharu dengan baik. Hanya saja kegiatan penyuluhan yang di berikan masih bersifat teori semata. Pada indikator Melayani dan Mengembangkan Sistem Informasi yang dilaksanakan oleh kelompok tani gubal gaharu Indonesia tergolong masih kurang baik karena anggota masih sangat membutuhkan akses informasi tentang perkembangan tanaman gaharu. Pada indikator mendorong kemandirian tergolong sudah baik karena anggota sudah merasakan termotivasi serta berkeinginan untuk mengembangkan usaha tanaman gaharu. Pada indikator mendorong tumbuhnya swadaya tergolong sudah baik karena anggota sudah merasakan termotivasi dan berkeinginan untuk mengembangkan usaha tanaman gaharu selain itu anggota kelompok juga sudah merasakan adanya peningkatan dalam penghasilan tanaman gaharu.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 03 Dec 2020 05:35
Last Modified: 03 Dec 2020 05:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31059

Actions (login required)

View Item View Item