Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Time Token berbantuan Peta Konsep untuk meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep siswa pada pembelajaran Tematik di kelas V SD Negeri 013 Tambusai.

Silvia Anggraini, - (2020) Penerapan Model Pembelajaran Time Token berbantuan Peta Konsep untuk meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep siswa pada pembelajaran Tematik di kelas V SD Negeri 013 Tambusai. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Silvia Anggraini, (2020): Penerapan Model Pembelajaran Time Token berbantuan Peta Konsep untuk meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep siswa pada pembelajaran Tematik di kelas V SD Negeri 013 Tambusai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri 013 Tambusai melalui penerapan model pembelajaran Time Token berbantuan Peta Konsep. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 21 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil analisis data, penerapan model pembelajaran Time Token berbantuan peta konsep dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran tematik. Hal ini diketahui dari grafik peningkatan pemahaman konsep siswa mulai dari sebelum tindakan perbaikan pembelajaran hingga pada tindakan perbaikan siklus II. Kemampuan pemahaman konsep siswa pada pra-siklus hanya 55,71% atau berada pada kategori kurang. Setelah diterapkannya model pembelajaran Time Token pada siklus I kemampuan pemahaman konsep siswa mencapai 69,52% dengan kategori baik. Pada siklus II kemampuan pemahaman konsep siswa menjadi meningkat mencapai 79,76% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Time Token berbantuan Peta Konsep dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Kata Kunci: Time Token, Peta Konsep, Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Nov 2020 00:50
Last Modified: 24 Nov 2020 00:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31058

Actions (login required)

View Item View Item