Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR ANTARA SISWA LULUSAN SMP DENGAN LULUSAN MTS PADA METERI HAJI DI SMA NEGERI 5 TAPUNG

Sri Haryani, - (2020) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR ANTARA SISWA LULUSAN SMP DENGAN LULUSAN MTS PADA METERI HAJI DI SMA NEGERI 5 TAPUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
UPLOAD.pdf

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Sri Haryani, (2019): Studi Komparasi Hasil Belajar Kognitif dan Hasil Belajar Psikomotor antara Siswa Lulusan SMP dengan Lulusan MTS pada Materi Haji di SMA Negeri 5 Tapung Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu variabel bebas (X) dengan variabel terikat (Y). Variabel bebas yaitu hasil belajar kognitif dan psikomotor SMP (X) dan variabel terikat yaitu hasil belajar kognitif dan psikomotor MTS (Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar kognitif dan hasil belajar psikomotor antara siswa lulusan SMP dengan lulusan MTS pada materi haji di SMA Negeri 5 Tapung. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitaf. Populasi penelitian adalah seluruh siswa yang beragama muslim kelas XI yang berjumlah 90 orang. Teknik yang digunakan ialah teknik simple random sampling yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Maka sampel yang diambil yaitu sebanyak 60 orang siswa. Diambil secara acak dan terbagi menjadi dua kelompok, yaitu 30 orang siswa yang lulusan SMP dan 30 orang siswa lulusan MTS. Siswa laki-laki lulusan SMP diambil sebanyak 15 orang, siswa perempuan lulusan SMP 15 orang. Sedangkan siswa laki-laki lulusan MTS diambil 15 orang, dan siswa perempuan lulusan MTS 15 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (tes essay dan praktek) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah Tes “t” dengan data yang diperoleh berskala ratio atau interval. Perhitungan data diperoleh dengan menggunakan cara manual. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif dengan hasil belajar psikomotor antara siswa lulusan SMP dan lulusan MTS pada materi haji di SMA Negeri 5 Tapung. Berdasarkan analisis dari hasil belajar kognitif dan hasil belajar psikomotor pada siswa lulusan SMP terdapat perbedaan yang signifikan yaitu dengan = 6,854 sedangkan adalah 5% = 2,00 dan 1% = 2,65 artinya (2,00 < 6,854 > 2,65. Sedangkan analisis dari hasil belajar kognitif dan dengan hasil belajar psikomotor siswa lulusan MTS terdapat perbedaan yang signifikan yaitu dengan = 4,128 sedangkan adalah 5% = 2,00 dan 1% = 2,65 artinya (2,00 < 4,128 > 2,65. Berdasarkan dari dua hasil analisis di atas dapat pula diambil kesimpulan bahwa nilai siswa lulusan SMP dan lulusan MTS ada perbedaan, dan nilai lulusan SMP lebih tinggi dari pada nilai siswa lulusan MTS pada meteri haji di SMA Negeri 5 Tapung. Kata Kunci: Hasil Belajar, Kognitif, Psikomotor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Nov 2020 04:52
Last Modified: 23 Nov 2020 04:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31056

Actions (login required)

View Item View Item