Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Bahasa Isyarat Di Buletin Inews Siang Gtv Terhadap Pemahaman Informasi Penyandang Tunarungu Slb Pelita Hati Pekanbaru

AKHARUDIN, - (2020) Pengaruh Bahasa Isyarat Di Buletin Inews Siang Gtv Terhadap Pemahaman Informasi Penyandang Tunarungu Slb Pelita Hati Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
Akhirudin - File Skripsi word watermark.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (781kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Akhirudin Jurusan : Ilmu Komunikasi (Broadcasting) Judul : Pengaruh Bahasa Isyarat Di Buletin Inews Siang Gtv Terhadap Pemahaman Informasi Penyandang Tunarungu Slb Pelita Hati Pekanbaru Bahasa isyarat adalah bahasa yang mengutamakan komunikasi manual, bahasa tubuh, dan gerak bibir, bukannya suara, untuk berkomunikasi. Sedangkan Tunarungu adalah seseorang yang mengalami kekurangan atau kehilangan kemampuan mendengar baik sebagian atau seluruhnya yang diakibatkan karena tidak berfungsinya sebagian atau seluruh alat pendengaran, dalam kehidupan sehari-hari yang membawa dampak terhadap kehidupannya secara kompleks. permasalahan yang dapat dirumuskan adalah Adakah Pengaruh Bahasa Isyarat di Buletin iNews Siang Gtv Terhadap Pemahaman Informasi Penyandang Tunarungu SLB Pelita Hati Pekanbaru? Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Ada atau Tidaknya Pengaruh Bahasa Isyarat di Buletin iNews Siang Gtv Terhadap Pemahaman Informasi Penyandang Tunarungu SLB Pelita Hati Pekanbaru. Penelitian ini berjenis kuantitatif, dengan menggunakan kuesioner untuk mendapatkan data. Jumlah populasi dan sampel adalah sebanyak 21 orang yang terdiri dari penyadang tunarungu, penyandang tunagrahita dan orang yang memiliki IQ dibawah 55 ( autis ). Pengujian hubungan antara Bahasa Isyarat Di Buletin Inews Siang Gtv Terhadap Pemahaman Informasi Penyandang Tunarungu menggunakan uji korelasi Product Moment menunjukkan bahwa Bahasa Isyarat Di Buletin Inews Siang Gtv (X) terdapat hubungan yang cukup kuat terhadap pemahaman informasi penyandang tunarungu (Y). Berdasarkan hasil kesimpulan secara general yaitu kesimpulan pengaruh sigma variabel X terhadap sigma varaibel Y adalah bahwa hubungan antara X terhadap Y adalah sangat kuat dengan nilai 0,816 yang berada pada interval 0,80-0,100. Dengan signifikan sebesar 0,000 > 0,05, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara variabel (Y) terhadap sigma variabel (X1, X2, X3,X4 dan X5) karena 0,000 lebih kecil dari 0,05. Kata Kunci:Pengaruh, Bahasa Isyarat, Penyandang Tunarungu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem > 070 Jurnalisme, Surat Kabar > 070.172 Surat Kabar, Koran
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 20 Nov 2020 03:06
Last Modified: 20 Nov 2020 03:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31037

Actions (login required)

View Item View Item