Komunikasi Pimpinan Kantor Camat Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir dalam Meningkatkan Pelayanan Publik

Seprita Elpiya, - (2020) Komunikasi Pimpinan Kantor Camat Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB V.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Seprita Elpiya Nim : 11523204375 Judul :”Komunikasi Pimpinan Kantor Camat Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir dalam Meningkatkan Pelayanan Publik”. Penelitian ini dilatar belakangi melihat fenomena zaman sekarang menurunnya pelayanan publik dibeberapa kantor camat. Pelayanan publik merupakan segala kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar sesuai dengan hak-hak dasar setiap warga Negara atau penduduk atas suatu barang, jasa dan pelayanan. Serta sistem pemerintahan yang berhubungan atau bertemu langsung dengan rakyat. Rumusan masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini menyangkut pertanyaan Bagaimana strategi komunikasi pimpinan kantor camat Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir dalam meningkatkan pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi pimpinan kantor camat kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir dalam memberikan pelayanan publik. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskritif. Populasi dalam penelitian sebanyak 4 orang yaitu Hady Rahman, S. Sos, M. Si selaku Camat Kritang, Jamaludin selaku ketua bagian pelayanan hak PATEN, Herman Tanjung selaku kasi Tata Pemerintahan, dan Rita Sari selaku Bagian Pelayanan. Hasil penelitian yang didapatkan ialah Pimpinan di kantor camat Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir melakukan penyampaian informasi, pengarahan, dan intruksi kepada pegawai melalui komunikasi dari atas ke bawah (downward communication). Respon atau efek pegawai melalui komunikasi dari bawah ke atas (upward communicatin). Komunikasi dua arah atau komunikasi secara timbal balik (two-way traffic communication) terjadi pada saat mengadakan rapat. Dalam pola komunikasi horizontalterjadi pada saat percakapan antara seksi satu dengan seksi yang lainnya. Dengan topik pembahasan untuk saling mengingatkan pegawainya supaya selalu disiplin dalam bekerja. Dalam komunikasi diagonal hal ini terlihat dengan adanya komunikasi antara kepala seksi dengan pegawai yang bekerja di seksi lainnya dengan situasi yang informal. Komunikasi diagonal ini juga dapat terjadi secara interpersonal maupun kelompok. Namun komunikasi yang efektif dan lebih sering digunakan dalam berkomunikasi di Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir ialah komunikasi vertikal dari atas ke bawah (dawnward communication). Adapun kebijakan di Kecamatan keritang kabupaten Indragiri Hilir 2018-2023 yaitu dengan cara meningkatkan sarana dan prasarana yang ada serta meningkatkan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia dengan pelatihan-pelatihan, mengadakan rapat-rapat koordinasi dengan stake holder terkait sehingga setiap permasalahan dapat ditangani dengan baik. Kata Kunci : Komunikasi, Pimpinan, Pelayanan Publik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 20 Nov 2020 08:04
Last Modified: 20 Nov 2020 08:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31034

Actions (login required)

View Item View Item