Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STILISTIKA BERJALAN DI DALAM AL-QUR’AN MENURUT TAFSIR AR-RAZI DAN IBNU KATSIR

Qadri Satria Darmawan, - (2020) STILISTIKA BERJALAN DI DALAM AL-QUR’AN MENURUT TAFSIR AR-RAZI DAN IBNU KATSIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berJudul : Stilistika Berjalan di dalam al-Qur’an menurut Tafsir ar-Razi dan Ibnu Katsir Aspek kebahasaan di dalam al-Qur’an memang banyak mengandung kata-kata yang berbeda tetapi memiliki terjemahan yang sama, tetapi sejatinya dalam penggunaannya berbeda pada setiap ayatnya. Salah satunya Istilah berjalan di dalam al-Qur’an. Kata ini memang memiliki kata yang berbeda-beda, terdapat empat kata yakni safara, sara, masya, dan marra, yang secara umum memiliki terjemahan yang sama, sehingga membuat sebahagian dari orang yang belum memahaminya atau orang awam menganggap sama padahal sejatinya memiliki penggunaan yang berbeda. Adapun tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui stilistika al-Qur’an dari aspek semantik dalam ayat-ayat berjalan di dalam al-Qur’an. Rumusan masalah yang akan dipaparkan adalah apa saja stilistika berjalan di dalam al-Qur’an dan Bagaimana mufassirin menafsirkan ayat-ayat yang membahas berbagai stilistika berjalan di dalam al-Qur’an. Adapun metode yang diguanakan dalam penelitian ini adalah metode penafsiran Perbandingan (muqoron) dengan jenis penelitian berbentuk library Risearch yaitu penelitian yang menitik beratkan pada literature dengan cara menganalisis muatan isi dari literatur-literatur yang terkait dengan objek penelitian baik dari sumber data primer maupun sekunder. Adapun beberapa hasil temuan yang saya teliti dari bahasan stilistika berjalan ini bahwa di dalam al-Qur’an terdapat empat kata yang berbeda dan memiliki makna sama yakni berjalan, kata-kata tersebut adalah safara, masya, sarra dan marra yang mana dalam penafsirannya terdapat perbedaan yang mana dalam bahasa arab disebut sebagai uslub atau stilistika (gaya bahasa). Adapun beberapa temuan dalam penelitian yang penulis lakukan ini antara lain yang pertama, bahwa setiap kata yang berbeda dan memiliki arti yang sama mempunyai beberapa perbedaan, dintara salah satu perbedaan yang penulis dapati adalah perbedaan dalam penggunaan dari setiap ayat yang ada di dalam al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 16 Nov 2020 03:57
Last Modified: 16 Nov 2020 04:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31001

Actions (login required)

View Item View Item