Galeri Yenadeka, - (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM DALAM LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PEKANBARU. Laporan thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (63MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (62MB) |
Abstract
ABSTRAK Galeri Yenadeka, (2020): Efektivitas Penggunaan Media Film dalam Layanan Penguasaan Konten untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penggunaan media film dalam layanan penguasaan konten untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. 2)Motivasi belajar peserta didik sebelum dan setelah digunakan media film dalam layanan penguasaan konten. 3) Seberapa efektif penggunaan media film dalam layanan penguasaan konten untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment Design dengan menggunakan model Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X yang berjumlah 322 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling, peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang rendah dan sangat rendah yang berjumlah 62 orang, yang dibagi menjadi 2 kelas yaitu 31 orang di kelas eksperimen dan 31 orang di kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket tertutup, dan dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas data menggunakan SPSS For Windows 21.0. Adapun teknik analisis data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis adalah Uji Wilcoxon’s Signed Ranks Test. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dan setelah melakukan analisis statistik dan uji hipotesis, secara umum hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Penggunaan media film dalam layanan penguasaan konten dari pertemuan pertama sampai pertemuan yang kedepalan berjalan sesuai dengan indikator yang telah ditentukan. 2) Motivasi belajar peserta didik sebelum diberikan media film dalam layanan penguasaan konten berada di kategori rendah dengan rata-rata 91,81 dan setelah diberikan media film dalam layanan penguasaan konten mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan ratarata 166,39. 3) Penggunaan media film dalam layanan penguasaan konten efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik, hal itu dilihat dari angka probabilitas Asymp. Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, diketahui nilai signifikan dari Asymp. Sig adalah 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci: Efektivitas, Media Film, Layanan Penguasaan Konten,Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Laporan) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 23 Nov 2020 04:36 |
Last Modified: | 23 Nov 2020 04:36 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30996 |
Actions (login required)
View Item |