Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERTUMBUHAN DAN HASIL KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) PADA JARAK TANAM DAN DOSIS PUPUK KANDANG AYAM YANG BERBEDA

Helmi Solin, - (2020) PERTUMBUHAN DAN HASIL KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) PADA JARAK TANAM DAN DOSIS PUPUK KANDANG AYAM YANG BERBEDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (6MB)

Abstract

PERTUMBUHAN DAN HASIL KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) PADA JARAK TANAM DAN DOSIS PUPUK KANDANG AYAM YANG BERBEDA Helmi Solin (11582200261) Di bawah bimbingan Novita Hera dan Ahmad Darmawi INTISARI Kacang tanah (Arachis hypogaea L.) merupakan komoditi pertanian terpenting di Indonesia. Upaya peningkatan produksi tanaman kacang tanah dapat dilakukan dengan teknik budidaya seperti pengaturan jarak tanam dan pemberian dosis pupuk kandang ayam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jarak tanam dan dosis pupuk kandang ayam serta mendapatkan interaksi antara jarak tanam dan dosis pupuk kandang ayam yang terbaik untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman kacang tanah. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Mei sampai Agustus 2019 di Lahan Percobaan dan Laboratorium Agronomi Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Metode yang digunakan pada penelitian ini Rancangan Acak Kelompok dengan dua faktor yang diulang sebanyak tiga kali. Faktor pertama yaitu jarak tanam (20 cm x 30 cm, 20 cm x 40 cm dan 20 cm x 50 cm), Faktor kedua yaitu dosis pupuk kandag ayam ( A0: 0 kg/bedengan, A1: 1,66 kg/bedengan, A2: 1,87 kg/bedengan dan A3: 2,00 kg/bedengan). Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah cabang primer, umur muncul bunga, jumlah polong pertanaman dan jumlah biji perpolong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan jarak tanam 20 cm x 40 cm memberikan hasil tertinggi pada parameter umur muncul bunga dan perlakuan dosis pupuk kandang ayam 2,00 kg/bedengan memberikan hasil tertinggi pada parameter tinggi tanaman dan jumlah cabang primer tanaman kacang tanah. Interaksi antara kedua perlakuan tidak berpengaruh terhadap semua parameter yang diamati. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian jarak tanam 20 cm x 40 cm dan dosis pupuk kandang ayam 2,00 kg/bedengan dapat meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman kacang tanah. Kata kunci: Arachis hypogaea L., dosis, pupuk kandang, jarak tanam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 13 Nov 2020 05:52
Last Modified: 13 Nov 2020 05:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30986

Actions (login required)

View Item View Item