Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PELAKSANAAN AKUNTANSI PEMBIAYAAN MURABAHAH MENURUT PSAK 102 (Studi Kasus Pada PT. BPRS Dana Fadhlillah Air Tiris)

M.Sucipto, - (2020) ANALISIS PELAKSANAAN AKUNTANSI PEMBIAYAAN MURABAHAH MENURUT PSAK 102 (Studi Kasus Pada PT. BPRS Dana Fadhlillah Air Tiris). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB V.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V HASIL PENELITIAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)

Abstract

ANALISIS PELAKSANAAN AKUNTANSI PEMBIAYAAN MURABAHAH MENURUT PSAK 102 (Studi Kasus Pada PT. BPRS Dana Fadhlillah Air Tiris) M.SUCIPTO 11673103451 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan perlakuan akuntansi pembiayaan murabahah yang diterapkan oleh PT. BPRS Dana Fadhlillah Air Tiris berdasarkan PSAK No.102 tentang pembiayaan murabahah. Apakah pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan akuntansi untuk pembiayaan murabahah telah disusun sesuai dengan berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Syariah (PSAK) No.102 Tentang Akuntansi Murabahah. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, yang mana metode pengumpulan data dan informasi lainnya dilakukan dengan cara dokumentasi dan wawancara langsung kepada pihak yang mempunyai wewenang untuk memberikan data dan penjelasan mengenai penerapan akuntansi pembiayaan murabahah pada PT. BPRS Dana Fadhlillah tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. BPRS Dana Fadhlillah Air Tiris telah menerapkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Syariah (PSAK) No.102. Akan tetapi, masih terdapat beberapa ketidaksesuaian dengan PSAK No.102 yaitu mengenai pencatatan potongan angsuran murabahah, pemberian denda, dan pengungkapan laporan keuangan. Kata Kunci: PSAK No.102, Murabahah, Pembiayaan Murabahah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 13 Nov 2020 05:54
Last Modified: 13 Nov 2020 05:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30982

Actions (login required)

View Item View Item