ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI PESANTREN PADA SMP AL-FARUQI RIAU (Studi Kasus Pondok Pesantren Al- Faruqi Berdasarkan SAK ETAP)

YULI SAFITRI, - (2020) ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI PESANTREN PADA SMP AL-FARUQI RIAU (Studi Kasus Pondok Pesantren Al- Faruqi Berdasarkan SAK ETAP). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP YULI SAFITRI.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI PESANTREN PADA SMP ALFARUQI RIAU (Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Faruqi Berdasarkan SAK ETAP) Oleh: YULI SAFITRI NIM : 11673202015 Penelitian ini dilakukan pada SMP Pondok Pesantren Al-Faruqi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penyajian laporankeuangan SMP Pondok Pesantren Al-Faruqi telah sesuai dengan Pedoman Akuntansi Pesantren? Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengancara wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara yaitu penulis mengadakan Tanyajawab secara langsung dengan pihak yang terkait dengan judul yang diambil olehpenulis. Observasi yaitu dengan cara pengamatan langsung di lapangan dan melakukan pengambilan data dengan pencatatan secara sistematis terhadaap hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan Wawancara. Sedangkan dokumentasi yaitu dokumen-dokumen yang dimiliki olehPondok Pesantren Al-Faruqi seperti RKAS, buku kas umum dan data lain yangmendukung dalam penelitian ini. Penerapan Pedoman Akuntansi Pesantren yang diterapkan SMP Pondok Pesantren Al-Faruqi belum sepenuhnya sesuai dengan ketentuansyariah.Terutama dalam laporan posisi keuangan, laporan arus kas danlaporan lainnya. Kesimpulan dari penelitian yang penulis lakukan adalah bahwadalam penerapan Pedoman Akuntansi Pesantren pada SMP Pondok Pesantren Al-Faruqi belumsepenuhnya sesuai dengan prinsipprinsip yang berlaku umum didalam akuntansisyariah. Kata Kunci: Pedoman Akuntansi Pesantren

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 13 Nov 2020 04:39
Last Modified: 13 Nov 2020 04:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30977

Actions (login required)

View Item View Item