Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS MUTU FISIK PINANG (Areca catechu L.) VARIETAS THAILAND DENGAN LAMA PENGERINGAN YANG BERBEDA

Adef Marta Okputra, - (2020) ANALISIS MUTU FISIK PINANG (Areca catechu L.) VARIETAS THAILAND DENGAN LAMA PENGERINGAN YANG BERBEDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

This is the latest version of this item.

[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV HASIL PENELITIAN-1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP (KECUALI BAB IV).pdf

Download (6MB)

Abstract

ANALISIS MUTU FISIK PINANG (Areca catechu L.) VARIETAS THAILAND DENGAN LAMA PENGERINGAN YANG BERBEDA Adef Marta Okputra (11582100798) Di bawah bimbingan Tahrir Aulawi dan Siti Zulaiha INTISARI Tumbuhan pinang merupakan salah satu dari jenis tumbuhan yang memiliki banyak kegunaan antara lain untuk dikonsumsi, bahan industri kosmetika, kesehatan dan bahan pewarnaan pada industri tekstil. Penelitian bertujuan untuk mendapatkan lama pengeringan yang terbaik terhadap mutu fisik pinang varietas Thailand. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Pasca Panen dan Laboratorium Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau pada Bulan Januari sampai dengan Bulan Februari Tahun 2020. Biji pinang yang digunakan pada penelitian ini adalah pinang varietas Thailand. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan lima perlakuan (K1=8 jam, K2=12 jam, K3=16 jam, K4=20 jam, K5=24 jam) dan lima ulangan. Perlakuannya yang diberikan adalah lama pengeringan dengan menggunakan oven pinang varietas Thailand. Parameter pengamatan adalah kadar air, biji pinang retak/pecah, biji pinang berkapang dan uji organoleptik yang meliputi warna, rasa, aroma. Analisis data dilakukan secara statistik menggunakan analisis sidik ragam Rancangan Acak Lengkap, apabila hasil sidik ragam terdapat perbedaan yang nyata maka dilakukan uji lanjut Duncan’s Multiple Range Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama pengeringan pinang varietas Thailand berpengaruh nyata terhadap kadar air, biji pinang retak/pecah dan uji organoleptik yang meliputi warna, rasa, aroma. Sedangkan untuk biji pinang berkapang tidak berpengaruh nyata. Kesimpulan, perlakuan terbaik pinang varietas Thailand yaitu sampel dengan lama pengeringan selama 16 jam. Kata kunci: Areca catechu, mutu fisik, pengeringan pinang, pinang varietas Thailand, uji organoleptik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 07 Nov 2020 05:02
Last Modified: 07 Nov 2020 05:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30949

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item