Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TRADISI PEMBACAAN SURAH AL-FATIHAH SAAT MANDI PENGANTIN PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN SUNNAH

UMI MARPUAH, - (2020) TRADISI PEMBACAAN SURAH AL-FATIHAH SAAT MANDI PENGANTIN PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN SUNNAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
UPLOAD.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Umimarpuah15@gmail.com Butir-butir kalimat dalam Bahasa Arab yang disebutkan tujuh baris, merupakan untaian dari suatu sekelompok-kelompok kalimat dalam al-Qur‟an yang disebut dengan al-Fatihah. Adapun judul penelitian penulisan skripsi ini yaitu Tradisi Pembacaan Surah al-Fatihah Saat Mandi Pengantin Perspektif al-Qur‟an Dan Sunnah. Tujuan yang ingin dicapai oleh penulis ialah fokus kepada; bagaimana tradisi pembacaan Surah al-Fatihah ketika mandi pengantin di Desa Batang Sari Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir, bagaimana persfektif al-Qur‟an dan Sunnah terhadap tradisi mandi pengantin di Desa Batang Sari Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir, Adapun metode yang digunakan pada penulisan ini ialah obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field riseach), living Qur‟an merupakan studi al-Quran yang tidak hanya bertumpu pada eksistensi tekstualnya, melainkan tentang fenomena sosial yang lahir terkait dengan kehadiran al-Quran dalam wilayah geografi tertentu dan fenomena ini penulis angkat dari Desa Batang Sari Kecamatan Mandah. Mandi pengantin dilaksanakan setelah pengatin bersanding, mandi yang dibimbing langsung oleh pihak keluarga yang dituakan atau Mak Andam. Bertahannya segala tradisi mandi pengantin ini tidak terlepas dari kurangnya pemahaman masyarakat terhadap ajaran Islam serta rendahnya tingkat pendidikan masyarakat, dan masih kuatnya hubungan psikologis masyarakat dengan kepercayaan akan warisan nenek moyang dan terkonsentrasi pada keistimewaan yang terdapat dalam Surah al-Fatihah sehingga pemahaman masyarakat terfokus pada Surah al-Fatihah. Kepada para peneliti, dalam penulisan dan penyusunan skripsi ini masih banyak kekurangan, oleh karenanya saran dan kritik dari peneliti maupun para intelektual sangat peneliti harapkan, dan sebagai peneliti berikutnya hendaknya lebih memperdalam segala teori pengetahuan sosial sebagai pelengkap penelitian berikutnya. Kata kunci: Tradisi, al-Fatihah, Persfektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 09 Nov 2020 08:33
Last Modified: 09 Nov 2020 08:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30947

Actions (login required)

View Item View Item