Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Super Item Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis Siswa

Lusi Amanah, - (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Super Item Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis Siswa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (24MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Lusi Amanah, (2020) :Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Super Item Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis Siswa Penelitian ini bertujuan untuk meneliti ada tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran Super Item dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional berdasarkan Disposisi Matematis siswa SMP Negeri 1 Kempas Indragiri Hilir. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Desain yang digunakan adalah Faktorial Eksperimental design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kempas Indragiri Hilir dengan sampel penelitian ini adalah kelas VIII.C dan kelas VIII.D dengan siswa masing-masing sebanyak 18 dan 18 siswa. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data beserta instrumen penelitian adalah test berupa soal pretest dan posttest kemampuan komunikasi matematis, angket berupa lembar angket Disposisi Matematis, observasi berupa lembar observasi, dan dokumentasi berupa foto dan profil sekolah. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji-t, uji karl pearson product moment dan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat dilihat dari mean kelas eksperimen dan mean kelas kontrol secara berturut adalah 19,11 dan 16,33, 2) Disposisi Matematis siswa tidak memberikan pengaruh yang kuat terhadap kemampuan komunikasi matematis serta memberikan kontribusi yang lemah yaitu 2,2922 % terhadap kemampuan komunikasi matematis, faktor 97,7078 % di tentukan oleh variabel lain 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran Super Item dengan Disposisi Matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dilihat dari F_hitung 〖<F〗_(tabel ) yaitu 3,19 < 3,32. Kata kunci: Model Pembelajaran Super Item, Kemampuan Komunikasi Matematis, Disposisi Matematis, Factorial Eksperimental Design, Pola Bilangan dan Barisan Bilangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Nov 2020 06:43
Last Modified: 10 Nov 2020 06:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30918

Actions (login required)

View Item View Item