Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DESAIN DAN UJI COBA KOMIK BERBASIS E-LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATH) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Restiana Dewi Mulia, - (2020) DESAIN DAN UJI COBA KOMIK BERBASIS E-LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATH) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
UPLOAD.pdf

Download (29MB)

Abstract

ABSTRAK Restiana Dewi Mulia, (2020): Desain dan Uji Coba Komik Berbasis ELearning dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Math) Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Kesetimbangan Kimia Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penciptaan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga dibutuhkan media pembelajaran seperti komik untuk dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendesain media pembelajaran komik berbasis elearning dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Math) pada materi kesetimbangan kimia yang valid berdasarkan validitas ahli media dan ahli materi, praktikalitas dan respon peserta didik. Model penelitian yang dilakukan adalah model penelitian Borg and Gall, yaitu meliputi tahap (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan bentuk awal produk, (4) uji lapangan awal dan (5) revisi produk. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan angket. Instrumen wawancara dan observasi digunakan untuk pengumpulan informasi. Instrumen angket digunakan untuk uji validitas, uji praktikalitas dan respon siswa. Berdasarkan hasil analisis data, hasil validasi diperoleh nilai sebesar 88,125% dengan kriteria sangat valid. Uji praktikalitas guru mendapatkan hasil sebesar 94,64% dengan kategori sangat praktis, dan uji respon peserta didik mendapatkan hasil sebesar 89,375% dengan kategori sangat praktis. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Komik, E-Learning, Pendekatan STEM(Science, Technology, Engineering and Math), Kesetimbangan Kimia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Nov 2020 13:35
Last Modified: 04 Nov 2020 13:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30905

Actions (login required)

View Item View Item