Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Implementasi Program Tahfiz Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru

Muhammad Zaki Sowabi, - (2020) Implementasi Program Tahfiz Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (825kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Zaki Sowabi, (2020) : Implementasi Program Tahfiz Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru Penelitian ini di latar belakangi oleh pelaksanaan program tahfiz Al-Qur’an yang kurang optimal. Sesuai dengan rumusan masalah yang telah dikemukakan, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program tahfiz Al-Qur;an di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru serta faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program tahfiz Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016-2017 dari bulan Februari sampai Maret 2017. Subjek penelitian ini adalah guru pembimbing tahfiz Al-Quran, kepala MTs Al-Muttaqin dan siswa MTs Al-Muttaqin Pekanbaru, sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah program tahfiz Al-Quran dan implementasinya di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Informan dalam penelitian ini adalah seorang guru pembimbing tahfiz Al-Quran, kepala MTs Al-Muttaqin dan siswa MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Informan dari siswa untuk data pendukung dan melihat kemampuan siswa dalam menghafal, dalam hal ini peneliti menggunakan interview dengan teknik snowball. Data dari hasil penelitian yang berupa angka dianalisis dengan menggunakan rumus persentase, kemudian dikategorikan untuk diambil suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data pelaksanaan program tahfiz Al-Qur’an dan implementasinya di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru dinyatakan “cukup optimal” dengan memperoleh angka 55%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Nov 2020 07:27
Last Modified: 03 Nov 2020 07:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30894

Actions (login required)

View Item View Item