REZA ZUHDI AFGANI, - (2020) PELAKSANAAN FUNGSI OMBUDSMAN DALAM MENERIMA PELAYANAN BPJS BERDASARKAN PERATURAN GUBERNUR RIAU NOMOR 67 TAHUN 2015 TENTANG INTEGRASI JAMINAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ARIFIN ACHMAD KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK PELAKSANAAN PELAYANAN BPJS BERDASARKAN PERATURAN GUBERNUR RIAU NOMOR 67 TAHUN 2015 TENTANG INTEGRASI JAMINAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ARIFIN ACHMAD KOTA PEKANBARU REZA ZUHDI AFGANI (2020) Penelitian ini ditulis dengan latar belakang bahwa dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan masih banyak keluhan dari peserta pengguna BPJS kesehatan di kota Pekanbaru terkait pelayanan yang diberikan oleh BPJS kesehatan Hal ini dapat dilihat dari banyak nya keluhan yang disampaikan oleh pengguna jasa BPJS, baik kepada BPJS Kesehatan maupun Kepada Ombudsman. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan BPJS berdasarkan Peraturan Gubernur Riau Nomor 67 Tahun 2015 Tentang Integrasi Jaminan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Kota Pekanbaru dan apakah kendala atau hambatan dalam pelaksanaan pelayanan BPJS berdasarkan Peraturan Gubernur Riau Nomor 67 Tahun 2015 Tentang Integrasi Jaminan Kesehatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum sosiologis yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengadakan identifikasi hukum dan menganalisa pelaksanaan pelayanan BPJS berdasarkan Peraturan Gubernur Riau Nomor 67 Tahun 2015 Tentang Integrasi Jaminan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Kota Pekanbaru. Adapun Sifat penelitiannya yaitu termasuk kedalam penelitian deskriptif yaitu melukiskan suatu kejadian didaerah tertentu pada saat tertentu yang mempunyai gambaran data awal permasalahan yang akan di teliti terutama berkaitan dengan judul ini.Data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, Observasi dan Kajian Pustaka. Berdasarkn hasil penelitian ini bahwa Ombudsman merupakan sebuah Lembaga Pengaduan Masyarakat terhadap sikap tindak penyelenggara negara. Pada Januari 2018 saja BPJS sudah menerima 142 antara lain terdapat 9 keluhan laporan pengaduan dari masyarakat yang masuk di RSUD Arifin Ahmad Kota Pekanbaru Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa.1) Pelaksanaan pelayanan BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Kota Pekanbaru berlum berjalan secara optimal, salah satu yang berperan ikut serta dalam menangani maladministrasi, terakit dengan pelayanan public tersebut adalah dengan Ombudsman. 2) Kendala atau hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pelayanan BPJS di Rumah Sakit Arifin Ahmad Kota Pekanbaru terbagi atas factor internal dalam memberikan pelayanan bagi pasien peserta BPJS yaitu fasilitas atau bangunan rumah sakit perlu dilakukan renovasi serta penambahan fasilitas medis guna mendukung kinerja pelayanan yang optimal. Adapun saran dalam penelitian ini adalah : 1) Pihak Rumah Sakit Umum Daerah Kota Pekanbaru 2) Pihak Ombudsman sebagai tempat pelapor dalam pelaksanaan pelayanan public.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 362 Kesejahteraan Sosial, Permasalahan dan Layanan Sosial |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 13:54 |
Last Modified: | 04 Nov 2020 13:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30889 |
Actions (login required)
View Item |