PENGARUH OPINI AUDIT, LABA RUGI, KOMPLEKSITAS OPERASI PERUSAHAAN, PROPORSI KOMISARIS INDEPENDEN DAN KOMITE AUDIT TERHADAP AUDIT REPORT LAG (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018)

MELATI HASANAH, - (2020) PENGARUH OPINI AUDIT, LABA RUGI, KOMPLEKSITAS OPERASI PERUSAHAAN, PROPORSI KOMISARIS INDEPENDEN DAN KOMITE AUDIT TERHADAP AUDIT REPORT LAG (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH OPINI AUDIT, LABA RUGI, KOMPLEKSITAS OPERASI PERUSAHAAN, PROPORSI KOMISARIS INDEPENDEN DAN KOMITE AUDIT TERHADAP AUDIT REPORT LAG (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018) OLEH : MELATI HASANAH NIM.11673202696 Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti secara empiris tentang pengaruh opini audit, laba rugi, kompleksitas operasi perusahaan, proporsi komisaris independen dan komite audit terhadap audit report lag pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data sekunder, populasi penelitian ini meliputi seluruh perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2018. Metode purposive sampling digunakan dengan sampel yang didapat sebanyak 119 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2018. Analisis data menggunakan analisis regresi dengan variabel dummy dan uji statistik, serta uji asumsi klasik yaitu uji normaltas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan pengujian t, uji f, dan koefisien determinasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara parsial opini audit dan laba rugi berpengaruh negatif signifikan terhadap audit report lag, sedangkan variabel kompleksitas operasi perusahaan, proporsi komisaris independen dan komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap audit report lag. Secara simultan opini audit, laba rugi, kompleksitas operasi perusahaan, proporsi komisaris independen dan komite audit berpengaruh terhadap audit report lag. Variabel independen dapat menjelaskan pengaruh terhadap audit report lag sebesar 7,4% sedangkan sisanya sebesar 92,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi ini. Kata Kunci : Audit Report Lag, Opini Audit, Laba Rugi, Kompleksitas Operasi Perusahaan, Proporsi Komisaris Independen, Komite Audit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 04 Nov 2020 07:22
Last Modified: 04 Nov 2020 07:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30881

Actions (login required)

View Item View Item