PENGARUH KOMISARIS INDEPENDEN, UKURAN PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN KEPEMILIKAN KELUARGA TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018)

FINA YUNIA, - (2020) PENGARUH KOMISARIS INDEPENDEN, UKURAN PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN KEPEMILIKAN KELUARGA TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)
[img] Text
UPLOAD.pdf

Download (2MB)

Abstract

PENGARUH KOMISARIS INDEPENDEN, UKURAN PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN KEPEMILIKAN KELUARGA TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018) OLEH: FINA YUNIA 11673201337 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memeroleh bukti empiris mengenai pengaruh proporsi komisaris independen, ukuran perusahaan, kepemilikan institusional, dan kepemilikan keluarga pada penghindaran pajak. Pengukuran penghindaran pajak dalam penelitian ini menggunakan Cash Effective Tax Rate (CETR). Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2016-2018. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Studi Dokumentasi, yaitu data melalui dokumen dimana data diperoleh dari BEI. Jumlah seluruh perusahaan manufaktur sebanyak 555 perusahaan, namun jumlah sampel penelitian ini yang memenuhi keriteria sebanyak 147 sampel selama 3 periode. Penelitian ini diuji dengan analisis regresi berganda menggunakan program Eviews. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan proporsi komisaris independen berpengaruh pada penghindaran pajak. Ukuran perusahaan berpengaruh pada penghindaran pajak. Kepemilikan institusional berpengaruh pada penghindaran pajak. Kepemilikan keluarga tidak berpengaruh pada penghindaran pajak. Kata kunci: Penghindaran Pajak, Proporsi Komisaris Independen, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Institusional, dan Kepemilikan Keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 02 Nov 2020 07:13
Last Modified: 02 Nov 2020 07:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30863

Actions (login required)

View Item View Item