Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Kota Pekanbaru.

Niky Ariyanti, - (2020) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Kota Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK Niky Ariyanti, (2020): Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Kota Pekanbaru. Penggunaan sebuah model pembelajaran akan berpengaruh terhadap hasil belajar. Artinya, penggunaan model pembelajaran yang tepat akan meningkatkan hasil belajar termasuk juga penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagaian siswa mengalami kesulitan dalam mengkombinasikan matematika. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas IV di Madarasah Ibtidaiya Negeri 3 Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan peneltian tindakan kelas. Subjek Penelitian ini adalah 1 orang guru dan 34 siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Kota Pekanbaru . Sedangkan objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan kemampuan komunikasi matematika. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilaksanakan satu kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini ada peningkatan kemampuan komunikasi siswa dari pra tindakan siklus hingga siklus II. Sebelum tindakan kemampuan komunikasi matematika siswa hanya 8 siswa (15,41) dengan kategori sedang, setelah siklus I dilakukan kemampuan komunikasi matematika siswa meningkat menjadi 26 siswa (19,47) dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 33 siswa (22,44) dengan kategori sangat baik. Dengan demikian kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa dikelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Kota Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray, Kemampuan Komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Nov 2020 13:38
Last Modified: 11 Nov 2020 13:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30838

Actions (login required)

View Item View Item