Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN UNIT USAHA SYARIAH PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) BERDASARKAN PSAK NO. 101 TAHUN 2016

Muhammad Syahwivi, - (2020) ANALISIS PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN UNIT USAHA SYARIAH PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) BERDASARKAN PSAK NO. 101 TAHUN 2016. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Analisis Penyajian Laporan Keuangan Unit Usaha Syariah PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Berdasarkan PSAK No. 101 Tahun 2016 Oleh: MUHAMMAD SYAHWIVI NIM : 11673101915 Penelitian di lakukan pada Unit Usaha Syariah PT. Bank Tabungan Negara (Persero). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa apakah penyajian laporan keuangan triwulan 1, triwulan 2 dan triwulan 3 Periode 2018 yang dibuat oleh UUS PT. BTN (Persero) telah sesuai dengan PSAK No. 101 Tahun 2016, tentang Penyajian Laporan Keuangan Syariah. Metode dan teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah metode kualitatif deskriptif, yang sumber datanya berasal dari media atas data yang sudah diolah serta disajikan oleh UUS PT. BTN (Persero) melalui situs resmi www.btn.co.id. Dari analisa yang peneliti lakukan terdapat beberapa permasalahan antara lain: Analisis terhadap penyajian laporan posisi keuangan pada inkonsitensian penyebutan akun, Analisis terhadap penyajian laba rugi dan penghasilan komprehensif lain triwulan 1 dan 2 pada pengurangan dan penambahan beban, Analisis terhadap ketidaktersediannya laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas, dan rekonsiliasi pendapatan dan bagi hasil, Analisis terhadap penyajian laporan distribusi bagi hasil, serta penyajian laporan komitmen dan kontinjensi yang tidak ada di acuan PSAK No. 101 Tahun 2016. Kesimpulan dari penelitian adalah, UUS PT. BTN (Persero) dalam membuat dan menyajikan laporan keuangan masih belum sesuai dengan PSAK No. 101 Tahun 2016, karena laporan yang disajikan masih terdapat inkonsistensi dalam penyebutan akun dan penyajian laporan masih belum lengkap. Dengan penelitian ini, diharapkan UUS PT. BTN (Persero) dapat melakukan evaluasi dalam penyajian laporan keuangan agar lebih sesuai dengan PSAK yang telah berlaku. Kata Kunci: PSAK No. 101 Tahun 2016, Laporan posisi keuangan, Laba rugi dan penghasilan komprehensif lain triwulan 1 dan 2, Distribusi bagi hasil, Komitmen dan kontinjensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 26 Oct 2020 02:49
Last Modified: 26 Oct 2020 02:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30824

Actions (login required)

View Item View Item