Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE INFLUENCE OF MOTIVATION THROUGH THE USE OF WHATSAPP MESSENGER GROUP ON STUDENTS’ WRITING ABILITY AND THEIR PERCEPTIONS AT RIAU UNIVERSITY

Asri Zulbeni, - (2020) THE INFLUENCE OF MOTIVATION THROUGH THE USE OF WHATSAPP MESSENGER GROUP ON STUDENTS’ WRITING ABILITY AND THEIR PERCEPTIONS AT RIAU UNIVERSITY. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
THESIS ASRI BAB 1,2,3,5.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
THESIS ASRI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ASRI ZULBENI (2020) : Pengaruh Motivasi Melalui Penggunaan WhatsApp Group Terhadap Kemampuan Menulis Bahasa Inggris dan Persepsi Mahasiswa Universitas Riau. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh motivasi penggunaan WhatsApp group dan persepsi mahasiswa terhadap kemampuan menulis Bahasa Inggris mahasiswa Universitas Riau. Penelitian ini menjadi substansial karena mengobservasi pengaruh salah satu aplikasi media sosial saat ini, yaitu WhatsApp, dalam kebutuhan pembelajaran Bahasa Inggris. Sebelum munculnya keberadaan WhatsApp, penggunaan situs media sosial seperti BBM dan Facebook juga sudah diteliti oleh para ahli dalam hubungannya dengan pembelajaran Bahasa Inggris di Indonesia. Karena kepopuleran dan pengaruh WhatsApp yang mendominasi dikalangan generasi muda termasuk didalamnya merupakan mahasiswa, maka para pakar pendidikan peduli dan ingin mengetahui dampaknya terhadap hasil belajar mahasiswa. Oleh karena itu, penelitian ini penting untuk meneliti apakah ada hubungan antara motivasi penggunaan WhatsApp group terhadap kemampuan menulis Bahasa Inggris mahasiswa dan apakah berhubungan dengan persepsi mahasiswa tentang belajar Bahasa Inggris itu sendiri. Data dalam penelitian ini diambil dengan menyebarkan kuesioner dan juga tes menulis dalam Bahasa Inggris (teks naratif) kepada 62 mahasiswa dari dua fakultas di Universitas Riau, yakni Fakultas Teknik dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Hasil penelitian menemukan bahwa, berdasarkan hasil statistik, mahasiswa Fakultas Teknik mencapai P sebesar 0,01 lebih kecil dari P 0,05 yang berarti motivasi penggunaan WhatsApp group memberikan pengaruh terhadap kemampuan menulis Bahasa Inggris walaupun hanya sedikit. Sementara itu, mahasiswa FMIPA Jurusan Biologi mendapat P 0,08 yang merupakan lebih besar dari P value 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dalam kemampuan menulis Bahasa Inggris setelah penggunaan WhatsApp group tersebut. Singkatnya, motivasi dalam penggunaan WhatsApp group memberikan pengaruh yang kurang signifikan terhadap kemampuan menulis Bahasa Inggris mahasiswa di Universitas Riau.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pps -
Date Deposited: 19 Oct 2020 01:54
Last Modified: 19 Oct 2020 01:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30782

Actions (login required)

View Item View Item