Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

تقويم المواد الدراسية في كتاب اللغة العربية لصف الرابع بمدرسة الدينية التكميلية الأولية بمنطقة بلالوان

Ryan Gustian, - (2020) تقويم المواد الدراسية في كتاب اللغة العربية لصف الرابع بمدرسة الدينية التكميلية الأولية بمنطقة بلالوان. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
UPLOAD.pdf

Download (24MB)

Abstract

ABSTRAK Ryan Gustian (2020): Evaluasi Materi Pembelajaran Dalam Buku Bahasa Arab Kelas IV Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Pelalawan. Penelitian ini adalah pustaka (Library Research) dengan pendekatan kualitatif yang didasarkan kualitas buku pedoman pembajelaran bahasa arab di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah. Sisiwa mulai mempelajari bahasa arab sejak kelas satu dengan menggunakan buku bahasa arab yang disusun oleh Dr. Masrun, MA. buku ini merupakan pedoman utama yang dipakai pada pembelajaran bahasa arab, namu terdapat beberapa kekurangan. Seperti kurangnya contoh yang disediakan, kuranya latihan, instrument petunjuk penggunaan buku tidak ada. Hal ini menyebabkan guru dan siswa kesulitan dalam mempelajari dan mengaplikasikannya. Karena itu peneliti melakukan evaluasi pada buku pedoman ini. Berdasarkan latar belakang peneliti merumuskan 3 tujuan penelitian 1) mengetahui evaluasi materi pembelajaran dalam buku bahasa arab kelas IV di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Pelalawan, 2) mengetahui kesesuaian materi pembelajaran bahasa arab dengan standar penulisan dalam kurikulum pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis daftar isi (content analysis). Data dikumpulkan dengan cara observasi, dokumentasi, sehingga data yang didapatkan adalah jenis data kualitatif. Hasil penelitian terdiri dari evaluasi buku melalui 3 langkah yaitu : analisis isi, bahasa, tata letak (layout), dan buku ini layak digunakan berdasarkan hasil analisa isi, bahasa, tata letak. Buku ini memiliki beberapa kelebihan yaitu daftar isi yang cukup jelas dilengkapi dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar, memiliki bahasa yang jelas (font, qawaid, terjemah), ada instrumen peraga seperti gambar berwarna, dan tata letak yang menarik minat siswa untuk belajar. Buku bahasa arab ini layak digunakan dan telah disesuaikan dengan kebutuhan siswa dalam pembelajaran bahasa arab. Dan telah dilakukan pengujian untuk penggunaan dalam pembelajaran dengan hasil efektif . Kata kunci: Evaluasi, Materi Pembelajaran, Buku Bahasa Arab, Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah,

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Oct 2020 03:17
Last Modified: 22 Oct 2020 04:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30743

Actions (login required)

View Item View Item