Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru.

Nur Sopia, - (2020) Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Nur Sopia , (2020): Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Latarbelakang dari penelitian ini adalah masih adanya siswa yang terlambat datang kesekolah, kurangnya tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, dan masih adanya hasil belajar siswa yang belum mencapai nilai KKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi, untuk menggambarkan dua atau lebih fakta-fakta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru dengan jumlah 120 orang siswa. Sementara objeknya adalah disiplin belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan Random Sampling dengan menetapkan pengambilan sampel sebanyak 25% dari jumlah populasi, sehingga didapat sebanyak 30 orang siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan rumus product moment. Berdasarkan hasil penelitian dianalisis dapat diambil kesimpulan bahwa disiplin belajar siswa secara keseluruhan tergolong baik dengan rata-rata persentase 79,17% dengan rata-rata hasil belajar siswa mencapai 83,37. Dari hasil uji korelasi product moment diperoleh rhitung > rtabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Hubungan antara disiplin belajar siswa dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial tersebut tergolong kuat, karena nilai koefisien korelasinya adalah sebesar 0,697 terletak pada interval koefisien 0,60 – 0,799. Kata Kunci: Disiplin Belajar, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Oct 2020 03:56
Last Modified: 08 Oct 2020 03:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30736

Actions (login required)

View Item View Item