Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Materi Persamaan Kuadrat

Mela Oktara, - (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Materi Persamaan Kuadrat. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
GABUNGNA KECUALI BAB IV.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Mela Oktara, (2020): Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Materi Persamaan Kuadrat Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dalam matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang valid, praktis, dan efektif. Sedangkan untuk Penilaian Hasil Belajar (PHB) yang dikembangkan tidak berbasis STAD tetapi dikembangkan dengan materi persamaan kuadrat. Pengembangan perangkat pembelajaran mengikuti model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 3 Kampar tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah para ahli dan pakar dalam bidang matematika yang berasal dari dosen dan guru. Objek penelitian adalah Perangkat Pembelajaran berbasis Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD). Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Perangkat pembelajaran hasil pengembangan telah teruji dengan tingkat kevalidannya 94,16% (sangat valid), adapun perangkat pembelajaran berupa RPP tergolong kategori sangat valid (91,11%), LKS yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (92,31%), Penilaian Hasil Belajar (PHB) tergolong kategori sangat valid (94,35%). Hal tersebut menunjukkan bahwa Perangkat Pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Penilaian Hasil Belajar (PHB) berbasis Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) ini telah valid. Untuk tingkat kepraktisan terdapat 87,01% pada kelompok kecil sedangkan untuk kelompok terbatas dan efektivitas tidak dapat dilakukan karena sekolah ditutup dalam waktu yang cukup lama. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat digunakan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Model Kooperatif, Student Teams Achievement Division (STAD), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), Penilaian Hasil Belajar (PHB), Persamaan Kuadrat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Oct 2020 02:16
Last Modified: 07 Oct 2020 02:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30722

Actions (login required)

View Item View Item