Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh (Self Redness Direetif) Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pekanbaru.

Mahdalena Rauda, - (2020) Pengaruh (Self Redness Direetif) Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BABIV.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Mahdalena Rauda (2019) : Pengaruh (Self Redness Direetif) Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pekanbaru. Penelitian terdiri dari dua variabel, yaitu Kemandirian Belajar sebagai variabel X (variabel bebas/ Independen) dan Prestasi Belajar Siswa variabel Y (variabel terikat/ dependen). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pekanbaru, sedangkan objeknya Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pekanbaru. Populasinya adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 397 orang dn penulis mengambil rumus slovin sehingga diperoleh sampelsebanyak 60 orang siswa. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi data yang terkumpul penulis menggunakan rumus Produck Moment dengan bantuan perangkat komputer program SPSS For Windows Versi 17.0. Kemandirian belajar memberikan kontribusi yang signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan perhitungan, diperoleh angka sebesar 82,69%. Berdasarkan perhitungan diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,627 lebih besar dari r table baik pada taraf signifikan 5% (0,250) maupun pada taraf signifikan 1% (0,325). Dengan cara lain dapat ditulis dengan 0,250<0,627>0,325. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh yang Signifikan (Self Redness Directif) Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pekanbaru. Hal ini mengandung arti semakin tinggi Kemandirian belajar maka semakin tinggi Prestasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pekanbaru. Kata Kunci : Pengaruh, Kemandirian, Belajar, Prestasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:44
Last Modified: 01 Oct 2020 02:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30677

Actions (login required)

View Item View Item