Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Disposisi Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru.

Yuni Lidia, - (2020) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Disposisi Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
GABUNGN KECUALI BAB IV.pdf

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Yuni Lidia, (2020): Pengaruh Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Disposisi Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model Problem based Instruction (PBI) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, dan juga bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara penerapan model dalam pembelajaran dengan Disposisi Matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Factorial Eksperimental dengan desain The Nonequivalent PretestPosttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap MTs Diniyah Puteri Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020. Sampel diambil secara cluster random sampling adalah kelas VII A dan VII B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal posttest kemampuan komunikasi matematis, angket Disposisi Matematis dan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran model Problem Based Instruction (PBI) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional; 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki Disposisi Matematis tinggi, sedang, dan rendah; 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara penerapan model dalam pembelajaran dengan Disposisi Matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Model Problem Based Instruction (PBI), Kemampuan Komunikasi Matematis, Disposisi Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Sep 2020 03:00
Last Modified: 30 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30675

Actions (login required)

View Item View Item