Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Korelasi Antara Pemahaman Materi Haji dan Umrah terhadap Keterampilan Manasik Haji di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru.

Rahmat Kurnia, - (2020) Korelasi Antara Pemahaman Materi Haji dan Umrah terhadap Keterampilan Manasik Haji di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Rahmat Kurnia, (2020) :Korelasi Antara Pemahaman Materi Haji dan Umrah terhadap Keterampilan Manasik Haji di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pemahaman materi haji dan umrah sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan keterampilan manasik haji sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada korelasi yang signifikan antara pemahaman materi haji dan umrah terhadap keterampilan manasik haji di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru sedangkan objeknya adalah korelasi antara pemahaman materi haji dan umrah terhadap keterampilan manasik haji di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru yang berjumlah 245. Sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 36 orang. Teknik pengambilan sampel data menggunakan teknik sampling proporsional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan kolerasi product moment dengan bantuan SPSS ver. 23 for windows. Berdasarkan pengolahan data terdapat korelasi yang signifikan, dengan perolehan indeks 0,510 pada taraf signifikan 5% = 0,329 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,423. Ini berarti r hitung lebih besar dari r tabel yang dapat digambarkan sebagai berikut 0,329 < 0,510 > 0,423. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa ada korelasi yang signifikan antara pemahaman materi haji dan umrah terhadap keterampilan manasik haji di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci: Pemahaman Materi Haji dan Umrah, Keterampilan Manasik Haji

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Sep 2020 03:49
Last Modified: 29 Sep 2020 03:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30636

Actions (login required)

View Item View Item