Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANCANGAN SISTEM PENILAIAN RISIKO KEAMANAN SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN METODE INFORMATION SECURITY RISK ANALYSIS METHOD (ISRAM)

Syafa'atun Nafsiah, - (2020) PERANCANGAN SISTEM PENILAIAN RISIKO KEAMANAN SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN METODE INFORMATION SECURITY RISK ANALYSIS METHOD (ISRAM). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
File BAB IV dan V-Syafa'atun Nafsiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
File Full-Syafa'atun Nafsiah.pdf

Download (8MB)

Abstract

Keamanan informasi ialah tindakan untuk memastikan bahwa informasi hanya dibaca, didengar, diubah oleh orang yang memiliki hak dalam informasi tersebut. Jika informasi tersebut jatuh kepada orang yang tidak memiliki hak dan tanggung jawab maka dapat menyebabkan kerugian bagi pemilik informasi tersebut. Oleh karna itu dibutuhkanlah sebuah penilaian risiko. Penilaian risiko ini bertujuan untuk mengetahui besar kecilnya dampak dari ancaman pada keamanan informasi. Dari hasil wawancara yang telah dilakukan, bahwa pada sistem informasi RSIA Zainab belum pernah dilakukan proses penilaian risiko, dan juga belum memiliki standar kemanan dan masih terdapat beberapa kelemahan dan ancaman, seperti ancaman terhadap jaringan, acaman pada software dan ancaman virus. Untuk mengatasi hal tersebut di perlukan sistem penilaian risiko pada keamanan sistem informasi. Pada penelitian ini, untuk menilai risiko kemanan sistem informasi menggunakan metode Information Risk Analysis Method (ISRAM), metode ISRAM merupakan metode analisis risiko yang bersifat kuantitatif yang menggunakan data survei dengan dua penyelidikan terpisah yang dibentuk untuk dua atribut risiko yaitu, probabilitas dan konsekuensi. Hasil dari penilaian risiko menggunakan metode ISRAM, yaitu ancaman pada jaringan sebesar 13.3 (High), ancaman virus sebesar 8.9 (Medium) ancaman pada software sebesar 4.4 ( Low).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 28 Sep 2020 03:07
Last Modified: 28 Sep 2020 03:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30618

Actions (login required)

View Item View Item