Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SMP/MTs

Elsy Riska Ilviandri, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
UPLOAD.pdf

Download (28MB)

Abstract

ABSTRAK Elsy Riska Ilviandri, (2020): Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP/MTS. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti model discovery learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung berdasarkan kemampuan awal siswa SMP Negeri 3 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah factorial experiment design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pekanbaru dengan sampel penelitian ini adalah kelas VIII.2 dan Kelas VIII.4 dengan siswa masing-masing sebanyak 36 siswa. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data beserta instrument penelitian adalah tes berupa soal posttest kemampuan pemahaman konsep matematis, tes berupa soal kemampuan awal matematika siswa, observasi berupa lembar observasi, dan dokumentasi berupa foto dan profil sekolah. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti model discovery learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung; 2) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah pada siswa SMP; dan 3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Awal, Faktorial Eksperimental Design, Relasi dan Fungsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Sep 2020 03:47
Last Modified: 25 Sep 2020 03:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30594

Actions (login required)

View Item View Item