Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SUPERITEM TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA MTS DARUL HIKMAH PEKANBARU

Wilda Riyana, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SUPERITEM TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA MTS DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (773kB)
[img] Text
UPLOAD.pdf

Download (31MB)

Abstract

ABSTRAK Wilda Riyana, (2020): Pengaruh Model Pembelajaran Superitem Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa MTs Darul hikmah Pekanbaru yang belajar menggunakan model pembelajaran Superitem dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran saintifik, perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang dan rendah siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru, dan pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan self efficacy terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Factorial Experiment Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII putra MTs Darul Hikmah Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.B3 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.B4 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, tes, Observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, soal pretest/posttest kemampuan koneksi matematis, angket self efficacy, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Pembelajaran Superitem dengan siswa yang menggunakan pembelajaran saintifik, 2) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa berdasarkan Self efficacy siswa tinggi, sedang dan rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai atau pada taraf signifikan 5%, yang berarti diterima dan ditolak. dan 3) Tidak terdapat interaksi penerapan model pembelajaran dan Self efficacy siswa terhadap kemampuan koneksi matematis siswa Kata Kunci: Model Pembelajaran Superitem, Kemampuan Koneksi Matematis, Self Efficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Sep 2020 02:45
Last Modified: 25 Sep 2020 02:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30592

Actions (login required)

View Item View Item