Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Dengan Bantuan Media Daun Singkong Menggunakan Metode Ceramah Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Perkalian Pada Muatan Pelajaran Tematik Kelas III MI Ash Shobirin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar

Leni, - (2020) Pengaruh Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Dengan Bantuan Media Daun Singkong Menggunakan Metode Ceramah Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Perkalian Pada Muatan Pelajaran Tematik Kelas III MI Ash Shobirin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Updated Version
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Leni, (2020): Pengaruh Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Dengan Bantuan Media Daun Singkong Menggunakan Metode Ceramah Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Perkalian Pada Muatan Pelajaran Tematik Kelas III MI Ash Shobirin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas III pada muatan pembelajaran matematika di MI Ash Shobirin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi atas rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran Matematika. Penelitian ini adalah Quasi Eksperiment, populasi seluruh siswa kelas III MI Ash Shobirin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, sampel penelitian adalah kelas III C sebagai kelas eksperimen dan kelas III A sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik rata-rata pencapaian pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen sebesar 80,1342 lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol yang hanya mencapai 72,2353. Berdasarkan analisis uji-t dari nilai kemampuan pemahaman konsep perkalian siswa pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai thitung ˃ ttabel taraf signifikan 5 (1,669) dan 1 (2,387) atau 1,669 ˂ 4,075 ˃ 2,387 maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan pendekatan matematika realistik dengan bantuan media daun singkong terhadap kemampuan pemahaman konsep perkalian siswa pada muatan pelajaran matematika di MI Ash Shobirin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Matematika Realistik, Media Daun Singkong, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Sep 2020 02:38
Last Modified: 25 Sep 2020 02:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30591

Actions (login required)

View Item View Item