Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI POLITIK EKONOMI NABI YUSUF (ANALISIS QASHASH PADA SURAT YUSUF DALAM TAFSIR FI ZHILAL ALQUR’AN)

PAISAL, - (2020) STRATEGI POLITIK EKONOMI NABI YUSUF (ANALISIS QASHASH PADA SURAT YUSUF DALAM TAFSIR FI ZHILAL ALQUR’AN). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
TESIS PAISAL OK 2.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PAISAL OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : politik, ekonomi, surat yusuf, tafsir fi zhilal al-quran Surat yusuf adalah termasuk surat makkiyah yang di turunkan setelah surat Hud, dalam masa-masa sulit yakni antara tahun kesedihan karena kematian Abu Thalib dan Khadijah yang merupakan sosok yang menjadi sandaran Rasulullah SAW, prilaku politik pada surat yusuf ini terbukti dengan adanya konflik dalam keluarga yang melibatkan saudara kandung yusuf yang bernama bunyamin, 10 saudara tirinya dan seorang ayah bernama nabi ya’kub yang dipicu oleh kecemburuan karena perbedaan kasih sayang orang tua yang di rasakan oleh satu pihak. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pada surat yusuf terdapat beberapa nilai pendidikan politik di antaranya Pertama, yusuf mengumpulkan segala bahan makanan lalu dia menimbun gandum sebanyak mungkin, dia tau bahwa ini adalah peluang yang sangat berharga dan sayang jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Kedua, seorang pemimpin mesti menyadari atas perubahan yang akan terjadi, dia tidak berpurapura tidak tahu bahwa perubahan sedang terjadi dalm kepemimpinannya, dengan kata lain, seorang pemimpin harus memiliki kesadaran terhadap sesuatu yang sedang terjadi. Ketiga, pemimpin adalah orang yang bertanggung jawab terhadap penduduknya, pemilihan seorang pemimpin memperkirakan kebaikan masyarakat, bertanggung jawab penuh dan memang orang yang paling ahli dalam mengatur persoalan Negara apalagi tentang ekonomi, sehingga tidak ada masyarakat yang kelaparan. Keempat, menunjukkan bahwa suatu tanggung jawab atau amanah haruslah di serahkan kepada ahlinya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Hukum Keluarga
Depositing User: pps -
Date Deposited: 23 Sep 2020 02:53
Last Modified: 23 Sep 2020 02:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30549

Actions (login required)

View Item View Item