Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

APLIKASI CHATBOT SEKRETARIS JURUSAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE MARKUP LANGUAGE (AIML) (Studi Kasus : Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)

Fauzal Azhmi, - (2020) APLIKASI CHATBOT SEKRETARIS JURUSAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE MARKUP LANGUAGE (AIML) (Studi Kasus : Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
Lap- Fauzal Azhmi, tanpa bab IV & V.pdf

Download (8MB)
[img] Text (BAB IV)
Lap- Fauzal Azhmi, bab IV & V.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

UIN Sultan Syarif Kasim Riau merupakan sebuah Universitas yang memiliki organ pengelola yakni salah satunya jurusan Teknik Informatika di Fakultas Sains dan Teknologi. Setiap jurusan terdapat sebuah jabatan yakni sekretaris jurusan yang memiliki tugas terkhususnya dalam melaksanakan kegiatan administratif jurusan dan membuat jadwal perkuliahan. Berdasarkan hasil pengamatan, terdapat pertanyaan yang sering ditanyakan berulang-ulang oleh mahasiswa kepada sekretaris jurusan dan terdapatnya kebiasaan buruk mahasiswa yang tidak suka membaca info yang telah ada sehingga terdapat pertanyaan yang sama ditanyakan berkali-kali. Sehingga dari permasalahan tersebut, dilakukan rancang dan bangun sebuah aplikasi chatbot sekretaris jurusan yang bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dan dosen dalam mendapatkan informasi administratif dan jadwal perkuliahan dengan cara melakukan tanya jawab dengan sekretaris jurusan secara virtual. AIML digunakan sebagai metode pada aplikasi ini berfungsi sebagai Brain File Bot yang akan menyimpan pattern (pola pertanyaan) dan template (jawaban) yang terletak pada file AIML. Hasil yang diperoleh berupa jawaban dari setiap pertanyaan berdasarkan pattern (pola) yang telah dibentuk dan disimpan ke dalam knowledge base chatbot. Pengujian confusion matrix dilakukan untuk menghitung nilai akurasi antara metode yang digunakan dengan pemberian jawaban oleh chatbot sehingga menghasilkan persentase 80%. Disamping itu, pengujian UAT dilakukan kepada 20 responden secara random dengan hasil persentase 85% (sangat setuju) yang menunjukkan bahwa aplikasi dapat dijadikan sebagai media alternatif untuk melakukan tanya jawab dengan sekretaris jurusan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 005 Program Komputer, program-program, data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 23 Sep 2020 02:06
Last Modified: 23 Sep 2020 02:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30536

Actions (login required)

View Item View Item