Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Peran Pembimbing Agama Dalam Memperbaiki Akhlak Remaja Masjid Al-Muttaqin Kelurahan Tangkerang Barat Pekanbaru

Resha Setianas, - (2020) Peran Pembimbing Agama Dalam Memperbaiki Akhlak Remaja Masjid Al-Muttaqin Kelurahan Tangkerang Barat Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Resha Setianas NIM : 11642201696 Judul : Peran Pembimbing Agama Dalam Memperbaiki Akhlak Remaja Masjid Al-Muttaqin Kelurahan Tangkerang Barat Pekanbaru Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya remaja masjid yang mengalami permasalahan. Belum semua remaja menerima kegiatan bimbingan agama dengan baik, remaja belum dapat memanfaatkan potensi serta bakat yang ada pada dirinya, kurangnya pemahaman ajaran agama pada diri remaja. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran pembimbing agama dalam memperbaiki akhlak remaja masjid Al-Muttaqin Kelurahan Tangkerang Barat Pekanbaru dan apa saja faktor penghambat yang dihadapi dalam memperbaiki akhlak remaja masjid Al-Muttaqin Kelurahan Tangkerang Barat Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan teknik analisa dekskriptif kualitatif. informan dalam penelitian ini adalah tiga orang pembimbing. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: peran pembimbing agama dalam memperbaiki akhlak remaja masjid Al-Muttaqin Kelurahan Tangkerang Barat Pekanbaru dikatakan telah berperan karena adanya pembimbing merencanakan program bimbingan, waktu yang digunakan sudah memenuhi standar bimbingan, dan pembimbing memberikan materi bimbingan kepada remaja. Faktor penghambat yang dihadapi pembimbing dalam memperbaiki akhlak remaja masjid yaitu latar belakang pendidikan yang berbeda antara satu remaja dengan remaja yang lain, terdapat perbedaan latar belakang keluarga, suku dan ras antara satu remaja, kurangnya motivasi dan diri remaja, terbatasnya jumlah pembimbing dalam meningkatkan kecerdasan spiritual. Sedangkan faktor pendukung yang dihadapi pembimbing dalam memperbaiki akhlak remaja masjid yaitu adanya sarana yang lengkap, sehingga tidak terkendala dalam melakukan kegiatan aktivitas remaja masjid, adanya pembimbing agama yang disiplin yang patut diteladani sehingga tepat waktu dalam memberikan materi bimbingan agama, dan adanya kegigihan dan kesabaran dari pembimbing agar remaja masjid menerima bimbingan tersebut dengan baik. Kata kunci : Peran pembimbing agama, akhlak, remaja masjid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.56 Etika Moral Islam dalam Hal Tertentu
300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 21 Sep 2020 03:51
Last Modified: 21 Sep 2020 03:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30517

Actions (login required)

View Item View Item