Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Efektifitas Pelaksanaan Model Pembelajaran Dua Tinggal Dua Tamu terhadap Keterampilan Berkomunikasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Tualang

Rahmat Ramadhan, - (2020) Efektifitas Pelaksanaan Model Pembelajaran Dua Tinggal Dua Tamu terhadap Keterampilan Berkomunikasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Tualang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (884kB)
[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Rahmat Ramadhan, (2020): Efektifitas Pelaksanaan Model Pembelajaran Dua Tinggal Dua Tamu terhadap Keterampilan Berkomunikasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Tualang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan pelaksanaan model pembelajaran dua tinggal dua tamu terhadap keterampilan berkomunikasi siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMKN 1 Tualang. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa SMKN 1 Tualang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh pelaksanaan model pembelajaran dua tinggal dua tamu terhadap keterampilan berkomunikasi siswa pada mata pelajaran pndidikan agama islam di SMKN 1 tualang. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 180 Siswa. Untuk sampel dalam penelitian ini di ambil 30% yang berjumlah 54 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan propotionate random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Kuantitatif. Perhitungan data dilakukan dengan menggunakan rumus “r” korelasi product moment yang diperoleh melalui observasi dan angket. Berdasarkan analisis data diperoleh pelaksanaan model pembelajaran dua tinggal dua tamu terhadap keterampilan berkomunikasi siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMKN 1 Tualang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan, dengan peroleh indeks korelasi 0,323. Pada tabel sudah tersaji besarnya nilai thitung 2,831 sedangkan ttabel 2,008. Jika dibandingkan besaran nilainya, maka dapat disimpulkan bahwa t hitung > t tabel, maka Hₒ ditolak dan Hₐ diterima, Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan model pembelajaran dua tinggal dua tamu terhadap keterampilan berkomunikasi siswa pada mata pelajaran PAI di SMKN 1 Tualang. Walaupun setelah di konsultasikan pada interperensi koefesien korelasi product moment berada pada 0,200-0,400 dengan interperensi pengaruh yang lemah atau rendah. Kata Kunci: Pelaksanaan, Model Pemebelajaran Dua Tinggal Dua Tamu, Keterampilan Berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Sep 2020 03:05
Last Modified: 21 Sep 2020 03:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30500

Actions (login required)

View Item View Item