NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AL-ARBA’IN AL-NAWAWIYAH KARYA IMAM NAWAWI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI INDONESIA

KOTA RAJA, - (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AL-ARBA’IN AL-NAWAWIYAH KARYA IMAM NAWAWI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI INDONESIA. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
TESIS KOTA RAJA OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
18. BAB IV KOTA RAJA OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab al-Arba’in al-Nawawiyah, begitu juga untuk mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab al-Arba’in al-Nawawiyah. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian kualitatif melalui library research (kajian studi kepustakaan ), dengan cara mengumpulkan data atau bahan-bahan yang berkaitan dengan tema pembahasan dan permasalahannya, yang diambil dari sumber-sumber kepustakaan, kemudian dianalisis dengan metode content analisis, analisis ini mengupas nilai-nilai pendidikan akhlak dari isi kitab al-Arba’in al-Nawawiyah. Untuk mendukung penelitian ini, penulis menggunakan sumber data utama yaitu, kitab hadist alArba’in al-Nawawiyah karya Imam Nawawi. Berdasarakan hasil penelitian ini, penulis memperoleh bahwa dalam kitab al-Arba’in al-Nawawiyah terkandung nilai-nilai pendidikan akhlak, secara garis besar terbagi menjadi dua bagian, yakni: akhlak kepada Allah Swt dan akhlak kepada makhluk. Pertama, Akhlak kepada Allah meliputi: ketauhidan, takwa, doa, malu, dan tawakal, kedua, Akhlak kepada makhluk meliputi: akhlak terhadap sesama manusia (berkata baik, dermawan, menahan amarah, menjaga kehormatan, nasihat, persaudaraan, penolong, pemaaf ), akhlak terhadap diri sendiri (memelihara kebersihan dan keindahan dan zuhud ), akhlak terhadap tetangga dan tamu, akhlak terhadap binatang. Beberapa nilai pendidikan tersebut dapat diimplementasikan di sekolah dan di dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan beberapa metode diantaranya metode mau’izah (nasihat ), metode uswatuh hasanah (keteladanan ), metode ta’wid (pembiasaan ) dan metode targhib dan tarhib. Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak, kitab Hadist Arba'in Nawawiyah dan Pendidikan Karakter

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 18 Sep 2020 02:40
Last Modified: 18 Sep 2020 02:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30487

Actions (login required)

View Item View Item