Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL DAN FISIK PERAWAT BAGIAN ICU RUMAH SAKIT ACHMAD MOCHTAR BUKITTINGGI DENGAN METODE NASA TLX DAN PENGUKURAN DENYUT NADI

RIDHO SALMI, - (2020) ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL DAN FISIK PERAWAT BAGIAN ICU RUMAH SAKIT ACHMAD MOCHTAR BUKITTINGGI DENGAN METODE NASA TLX DAN PENGUKURAN DENYUT NADI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN BAB IV DAN BAB V. RIDHO SALMI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (988kB)
[img] Text
TA LENGKAP RIDHO SALMI 11352104481.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK RSUD Achmad Mochtar awalnya merupakan Rumah Sakit Militer Belanda yang mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis dan subspesialis dan juga dapat menampung pelayanan rujukan dari rumah sakit Kabupaten. Penelitian ini dilakukan terhadap beban kerja mental dan beban kerja fisik perawat yang bertugas diruangan ICU Rumah Sakit Achmad Mochtar Bukittinggi. Perawat bagian ICU tersebut merasakan tekanan yang cukup tinggi dan pekerjaan yang dilakukan memerlukan fisik yang prima karena pekerjaan yang dilakukan berhubungan dengan keselamatan pasien. Namun, dalam kenyataannya beban kerja mental yang dirasakan oleh perawat-perawat tersebut relatif tinggi, sedangkan beban kerja fisik yang dirasakan oleh perawat tersebut umumnya termasuk dalam kategori diperlukan perbaikan. Selain itu masalah jumlah perawat yang berjaga serta tuntutan dari pimpinan dan dari keluarga pasien juga menjadi salah satu masalah yang perawat tuturkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui klasifikasi beban kerja mental dan beban kerja fisik dari perawat bagian ICU Rumah Sakit Achmad Mochtar dengan menggunakan metode NASA-TLX dan pengukuran denyut nadi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan untuk beban kerja mental bahwa ada 2 perawat yang berkategori beban kerja sangat tinggi dan 7 perawat yang berkategori beban kerja tinggi. Sedangkan untuk beban kerja fisik terdapat 8 orang perawat termasuk dalam kategori diperlukan perbaikan dan terdapat 1 orang perawat termasuk kedalam kategori tidak terjadi kelelahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 18 Sep 2020 03:53
Last Modified: 18 Sep 2020 03:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30486

Actions (login required)

View Item View Item