Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS SEMIOTIK TENTANG REPRESENTASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM KARTUN ANIMASI NUSSA DAN RARA ‘SERI NUSSA: TIDUR SENDIRI, GAK TAKUT!’

Kris Melani, - (2020) ANALISIS SEMIOTIK TENTANG REPRESENTASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM KARTUN ANIMASI NUSSA DAN RARA ‘SERI NUSSA: TIDUR SENDIRI, GAK TAKUT!’. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Kris Melani Prodi : Ilmu Komunikasi Judul : Analisis Semiotik Tentang Representasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Kartun Animasi Nussa dan Rara ‘Seri Nussa: Tidur Sendiri, Gak Takut!’ Film adalah salah satu bentuk media massa yang sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia. Film merepresentasikan berbagai pesan baik dari dialog, visual atau narasi yang ditampilkan yang dapat mempengaruhi dan memberikan dampak bagi penontonnya. Film kartun animasi Nussa dan Rara ‘Seri Nussa: Tidur Sendiri, Gak Takut!’ adalah film ber-genre edutainment Islamic. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis semiotik tentang representasi nilai-nilai keislaman dalam kartun animasi dalam seri tersebut. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode analisis semiotika Roland Barthes yang terdapat dua tingkatan makna yaitu denotasi dan konotasi. Objek penelitian adalah film Nussa: Tidur Sendiri, Gak Takut!. Sementara subjeknya adalah beberapa adegan dan dialog yang merepresentasikan nilai-nilai keislaman dalam film tersebut. Dari hasil penelitian ditemukan beberapa makna dari enam adegan dalam film ini. Peneliti menyimpulkan beberapa makna tersebut dalam ajaran nilai-nilai Islam, diantaranya Aqidah yakni taat terhadap perintah Allah untuk tetap sabar, ajaran Islam yang dapat menumbuhkan keberanian, yang hadir dari kekuatan jiwa dan keyakinan hati kepada Allah dan pahala yang sudah disiapkan oleh-Nya bagi orang yang memaafkan orang lain. Kemudian Syariah, yakni aturan untuk selalu menjaga sopan santun, aturan untuk selalu menyebarkan kebaikan dengan tolong menolong sesama manusia dan berlapang dada memaafkan kesalahan orang lain. Serta Akhlak, yakni dalam hal berperilaku jujur, sopan santun, tolong-menolong dan saling memaafkan. Kata kunci: Semiotika, Representasi, Nilai-Nilai Keislaman, Film, Nussa: Tidur Sendiri, Gak Takut!

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 18 Sep 2020 04:05
Last Modified: 18 Sep 2020 04:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30472

Actions (login required)

View Item View Item