Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TEACHERS’ STRATEGY AND CHALLENGES IN TEACHING HIGHER-ORDER THINKINGSKILLS IN THE RURAL AREA: A CASE STUDY AT JUNIOR HIGH SCHOOL IN GAUNG DISTRICT, INHIL, RIAU

NOVITA SILTA PASUTRI, - (2020) TEACHERS’ STRATEGY AND CHALLENGES IN TEACHING HIGHER-ORDER THINKINGSKILLS IN THE RURAL AREA: A CASE STUDY AT JUNIOR HIGH SCHOOL IN GAUNG DISTRICT, INHIL, RIAU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
TESIS NOVITA SILTA PASUTRI OK.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4 NOVITA SILTA PASUTRI OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti tentang strategi dan tantangan guru dalam mengajarkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di daerah terpencil berdasarkan tuntutan kurikulum 2013. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, peneliti mengumpulkan data dengan cara melakukan observasi sebagai pengamat dalam proses belajar mengajar, melakukan wawancara dengan guru bahasa Inggris, serta mengumpulkan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru bahasa Inggris di salah satu sekolah menengah pertama di Kecamatan Gaung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru melakukan penentuan tujuan pembelajaran dengan delapan karakteristik rencana pelaksanaan pembelajaran untuk Kurikulum 2013, mengajar melalui pertanyaan dengan jenis pertanyaan tingkat rendah, memberikan latihan sebelum melakukan penilaian namun masih belum efektif, serta mengadakan penilaian dan memberikan umpan balik. Peneliti juga menemukan bahwa guru belum melakukan peninjauan, penyaringan, dan pengembangan karena beliau tidak meminta umpan balik dari siswa. Kemudian, dari penelitian ini juga ditemukan bahwa tantangan dalam mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di daerah terpencil adalah pengetahuan dan kemampuan guru dalam mengajarkan HOTS masih rendah, siswa yang pasif, kemampuan berbahasa Inggris siswa yang masih rendah, keterbatasan fasilitas sekolah, dan kurangnya sumber belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penelitian ini menyarankan kepada sekolah untuk melengkapi fasilitas atau pelatihan kepada guru mengenai cara mengajar kemampuan berdasarkan tujuan dari kurikulum 2013. Kata Kunci: Strategi, Tantangan, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS), Daerah Terpencil

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pps -
Date Deposited: 18 Sep 2020 04:46
Last Modified: 18 Sep 2020 04:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30467

Actions (login required)

View Item View Item