Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SISTEM PENDIDIKAN PROGRAM MAGISTER DI UNIVERSITAS AL-AZHAR KAIRO MESIR

ED FAUZAN OFRATOS, - (2020) SISTEM PENDIDIKAN PROGRAM MAGISTER DI UNIVERSITAS AL-AZHAR KAIRO MESIR. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
DISERTASI ED FAUZAN OFRATOS OK.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
15. BAB IV ED FAUZAN OFRATOS OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (820kB)

Abstract

Penelitian tentang sistem pendidikan program magister di Universitas alAzhar Kairo Mesir dilatarbelakangi oleh keresahan peneliti terhadap kreteria alumni program magister di Indonesia, yang secara umum mereka telah menjadi Master di bidang ilmu-ilmu keislaman, akan tetapi banyak di antara mereka yang tidak mempunyai hapalan al-Qur`an kecuali yang sudah memiliki hapalan pada jenjang sebelumnya, dan tidak terlihat aktifitas menghapal al-Qur`an di program magister. Sementara di Universitas al-Azhar kegiatan menghapal al-Qur`an terlihat sangat aktif dan mahasiswa terdorong untuk melakukannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menggambarkan situasi dan kondisi tentang proses sistem pendidikan dengan komponen, tujuan, dosen, mahasiswa, kurikulum, metode, evaluasi dan media pendidikan pada program magister di Universitas al-Azhar Mesir. Berdasarkan analisis dan pengolahan data tentang sistem pendidikan program magister di Universitas al-Azhar Kairo Mesir, dan memilih setiap informasi serta mengelompokkannya sesuai komponen yang diteliti, juga melakukan reduksi, bahkan diperkuat dengan data yang diperoleh melalui angket, maka sampai kepada kesimpulan bahwa sistem pendidikan program magister di al-Azhar Kairo Mesir pada umumnya sejalan dan sesuai dengan teori-teori sistem pendidikan Islam, seperti tujuan pendidikan, yakni 1) pelestarian dan pengembangan khazanah ilmu-ilmu keislaman, 2) penyiapan generasi ulama yang memiliki aqidah, akhlak dan mental yang kuat sesuai dengan ajaran Islam serta memiliki kedalaman ilmu keislaman, dan 3) mempersiapkan du`at untuk syiar dan dakwah islamiyah ke seluruh penjuru dunia. Komponen yang belum maksimal pada program magister Universitas alAzhar Kairo Mesir, yakni penggunaan media pendidikan khususnya pada pembelajaran tidak memanfaatkan teknologi untuk memudah peserta didik dalam memahami materi pelajaran. Juga metode pengajaran yang lebih banyak menggunakan metode ceramah dalam perkuliahannya. Sementara yang lainnya sudah sesuai, bahkan al-Qur`an yang menjadi dasar dan azas sumber pokok dalam pelaksanaan pendidikan Islam, ditetapkan sebagai mata kuliah yang mendapat prioritas dan harus menjadi perhatian penting oleh mahasiswa program magister di Universitas al-Azhar Kairo Mesir. Temuan dalam penelitian ini adalah bahwa mata kuliah hapalan al-Qur`an dengan kuantitasi per juz di program magister harus menjadi mata kuliah inti yang diajarkan dalam perkuliahan kepada mahasiswa. Kata Kunci: Program Magister, sistem pendidikan Islam, Universitas al-Azhar. xi

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 18 Sep 2020 02:04
Last Modified: 18 Sep 2020 02:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30466

Actions (login required)

View Item View Item