MANAJEMEN PEMBELAJARAN HAFALAN AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE KLASIKAL BACA SIMAK DI YAYASAN HIDAYATUL MUSTAFID BATAM

IMAM MUTOWALI, - (2020) MANAJEMEN PEMBELAJARAN HAFALAN AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE KLASIKAL BACA SIMAK DI YAYASAN HIDAYATUL MUSTAFID BATAM. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
TESIS IMAM MUTOWALI OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
10. BAB IV IMAM MUTOWALI OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Desain penelitian tesis ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan diskriptif, berkonsentrasi pada “Manajemen Pembelajaran Hafalan Al-Qur’an dengan Menggunakan Metode Klasikal Baca Simak Di Yayasan Hidayatul Mustafid Batam.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis manajemen pembelajaran menghafal Al-Qur’an di Hidayatul Mustafid Batam dan Untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan manajemen pembelajarean menghafal Al-Qur’an dengan metode Klasikal Baca Simak di Yayasan Hidayatul Mustafid Batam. Penulis melakukan teknik pengumpulan data dengan cara: Wawancara dan Dokumentasi. Untuk teknik analisis data, yaitu: data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen pembelajaran menghafal Al-Qur’an telah dilakukan oleh Yayasan Hidayatul Mustafid Batam, yaitu: Perencanaan dilakukan sebelum proses pembelajaran mengacu pada kurikulum, juklak dan juknis Koordinator Pusat. Pengorganisasian meliputi pembagian tugas seluruh personil. Pelaksanaan pembelajaran meliputi dua tahap yaitu: 1) Pra Menghafal yaitu santri tadarus sebanyak 485 kali pertemuan, 23 kali khatam di lembaga dan juga 37 kali khatam dirumah dengan total khatam 60 kali. 2) Kelas Menghafal dengan waktu 105 menit, yaitu: (a) Berbaris selama 15 menit. (b) Kegiatan Inti selama 90 menit, meliputi: menambah hafalan, setoran, Istimrar (melanjutkan), baca simak, masing-masing 15 menit, dan 30 menit tikror (mengulang-ulang). (c) Kegiatan Penutup, meliputi: Do’a, motivasi, dan salam. Pengendalian meliputi: Mengamati pelaksanaan pembelajaran, interaksi guru dengan santri, dan mengamati pencapaian tujuan pengajaran. Evaluasi pembelajaran meliputi: Evaluasi harian oleh guru, Evaluasi kenaikan juz dan Ujian kenaikan kelas oleh kepala lembaga, Ceremoni oleh orang tua, Ujian khataman 30 juz bil ghaib oleh ahlul Qurra’ yang memiliki sanad. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan manajemen pembelajaran menghafal Al-Qur’an meliputi: a. Faktor Internal 1) Kesehatan santri yang baik. 2) Kecerdasan santri dalam menghafal. 3) Motivasi menghafal santri. b. Faktor Eksternal 1) Guru tahfidz yang mumpuni. 2) Pengaturan waktu dan pembatasan pembelajaran alQur’an. 3) Dukungan orangtua santri. Kata Kunci: Manajemen, Pembelajaran, Metode, Klasikal Baca Simak.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 18 Sep 2020 01:44
Last Modified: 18 Sep 2020 01:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30464

Actions (login required)

View Item View Item