Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Kontribusi Pembelajaran Kooperatif terhadap Kebiasaan Hidup Rukun dan Bekerja Sama pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Cendana Pekanbaru

Alunazasari, - (2020) Kontribusi Pembelajaran Kooperatif terhadap Kebiasaan Hidup Rukun dan Bekerja Sama pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Cendana Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (937kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Alunazasari, (2020) : Kontribusi Pembelajaran Kooperatif terhadap Kebiasaan Hidup Rukun dan Bekerja Sama pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Cendana Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi pembelajaran kooperatif terhadap kebiasaan hidup rukun dan bekerja sama pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Cendana Pekanbaru. Terdiri dari dua variabel, yaitu pembelajaran kooperatif (variabel X) dan kebiasaan hidup rukun dan bekerja sama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (variabel Y). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada kontribusi yang positif antara pembelajaran kooperatif terhadap kebiasaan hidup rukun dan bekerja sama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Cendana Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa SMA Cendana Pekanbaru. Objeknya adalah kontribusi pembelajaran kooperatif terhadap kebiasaan hidup rukun dan bekerja sama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Cendana Pekanbaru. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 185 siswa, dan diambil sampel sebanyak 46 siswa, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, angket, dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya adalah korelasi deskriptif kuantitatif menggunakan teknik product moment. Dari analisis data dapat dilihat bahwa pembelajaran kooperatif yang diterapkan guru Pendidikan Agama Islam di SMA Cendana Pekanbaru berada pada kategori sangat kuat dengan presentase 86,10% dan kebiasaan hidup rukun dan bekerja sama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Cendana Pekanbaru berada pada kategori sangat kuat dengan presentase 86,38%. Sedangkan hasil analisis statistik dengan menggunakan uji korelasi product moment diperoleh rhitung 0,505 lebih besar dari rtabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,288 maupun pada taraf 1% sebesar 0,372. Dengan demikian berarti Ha diterima Ho ditolak, berarti ada kontribusi yang positif antara pembelajaran kooperatif terhadap kebiasaan hidup rukun dan bekerja sama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Cendana Pekanbaru. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Kebiasaan Hidup Rukun dan Bekerja Sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Sep 2020 03:25
Last Modified: 16 Sep 2020 03:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30422

Actions (login required)

View Item View Item