PENGARUH MOTIVASI DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH 1 PEKANBARU

DEWI SUSANTI, - (2020) PENGARUH MOTIVASI DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH 1 PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
TESIS DEWI SUSANTI OK.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
20. BAB IV DEWI SUSANTI OKE.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (796kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh motivasi dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah 1 Pekanbaru. Penelitian ini berdasarkan pada masalah rendahnya prestasi belajar siswa. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan teknik analisa correlational. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa Madrasah Aliyah 1 Pekanbaru yang berjumlah 1.156 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik proportionate random sampling dengan rumus Slovin yakni 296 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda yaitu Y= a + b1X1 + b2 X2. Hasil Penelitian ini menunjukkan nilai R 2 (koefisien determinasi )atau R Square sebesar 0.323 atau 32,3%. Nilai ini dapat diartikan bahwa perubahan prestasi belajar siswa oleh perubahan nilai variabel bebas motivasi dan kreativitas belajar sebesar 32,3% sedangkan 67,7% ditentukan oleh perubahan faktor lainnya. Nilai thitung untuk variabel motivasi belajar adalah 8.690 dengan sig. 0,000 lebih kecil dari 0,05 ini berarti ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa dan thitung untuk variabel kreativitas belajar adalah 6.349 dengan sig. 0,000 lebih kecil dari 0,05 ini berarti ada pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara motivasi dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah 1 Pekanbaru. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Kreativitas Belajar dan Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:11
Last Modified: 16 Sep 2020 02:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30412

Actions (login required)

View Item View Item