Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ISOLASI DAN KARAKTERISASI JAMUR DI AKAR TANAMAN NANAS (Ananas comosus (L.) Merr.) PADA LAHAN GAMBUT

ERI PERMADI, - (2020) ISOLASI DAN KARAKTERISASI JAMUR DI AKAR TANAMAN NANAS (Ananas comosus (L.) Merr.) PADA LAHAN GAMBUT. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP (KECUALI BAB IV).pdf

Download (2MB)

Abstract

INTISARI Keberadaan jamur sangat penting bagi tanaman inang ataupun keseimbangan ekologi karena dapat melindungi inang dari patogen, membantu pertumbuhan tanaman, dan meningkatkan ketahanan tanaman terhadap kekeringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi dan mengkarakterisasi jamur akar tanaman nanas pada lahan gambut dan mempelajari aktifitas biologi jamur yang terdapat pada akar tanaman nanas yang terdiri dari uji Indole Acetid Acid (IAA), kemampuan jamur dalam melarutkan fosfat dan kemampuan jamur sebagai agen biokontrol. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Januari sampai Mei 2019 di Laboratorium Patologi, Entimologi, Mikrobiologi dan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode observasi, yaitu dengan mengambil sample akar nanas tanah gambut dari lahan petani Desa Mundam, Dumai. Data yang diamati meliputi jumlah populasi jamur, pH tanah, Karakterisasi jamur secara makroskopis dn mikroskoipis, dan Uji aktifitas biologi jamur meliputi (Uji IAA, jamur pelarut fosfat, dan agen biokontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pH tanah gambut yaitu 2,96 dengan jumlah populasi rata-rata 6,33 x 104CFU/g akar. Diperoleh 6 isolat jamur pada daerah perakaraan tanaman nanas yaitu Penicilium sp1., Tricoderma sp., Penicilium sp2., Scopulariopsis sp., Paecilomises sp., dan Aspergilus sp. Tidak terdapat isolat jamur yang menghasilkan hormon IAA. Isolat jamur pelarut fosfat yaitu Penicilium sp1, Penicillium sp2, Scopulariopsis sp, dan Aspergillus sp., dan Isolat jamur sebagai agen biokontrol yaitu: Penicilium sp1, Tricoderma sp, Penicillium sp2, Scopulariopsis sp, dan Paecilomices sp. Kata Kunci : isolasi, jamur, karakterisasi, nanas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 17 Sep 2020 02:32
Last Modified: 17 Sep 2020 02:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30394

Actions (login required)

View Item View Item