Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMPN 4 Tualang

Enni Melida, - (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMPN 4 Tualang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (19MB)

Abstract

ABSTRAK Enni Melida, (2020) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMPN 4 Tualang Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan untuk menghadapi situasi dimana seseorang tidak segera dengan mudahnya dapat menemukan suatu solusi dari masalah. Sehingga dalam memecahkan masalah memerlukan perbekalan yang dapat memfasilitasi siswa agar dapat memecahkan masalah tersebut, yaitu pengetahuan, keterampilan dan pemahaman selanjutnya akan diaplikasikan dalam situasi baru yang belum dikenalnya. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan kemandirian siswa SMP.. Penelitian ini merupakan penelitian Experimental dengan desain Factorial Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tualang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random dengan sampel terpilih secara acak adalah kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-5 sebagai kelas kontrol. Hal ini karena seluruh kelas populasi mempunyai kesamaan rata-rata dari hasil uji anova satu arah yang dilakukan. Selanjutnya hasil penelitian dari hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan anova dua arah menyimpulkan bahwa hipotesis 1 menunjukkan artinya terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran tipe STAD dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran saintific. 2, menunjukkan artinya terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah. Sedangkan untuk interaksi viii artinya tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Maka hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk peningkatan pembelajaran matematika dikelas. Kata Kunci : Model Pembelajaran STAD, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Sep 2020 03:16
Last Modified: 15 Sep 2020 03:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30376

Actions (login required)

View Item View Item