Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN JURNALISME BENCANA DI MEDIA ONLINE (Studi Pada Media Antarariau.com dalam Liputan Berita Banjir di Provinsi Riau Tahun 2019)

Annisatul Husna, - (2020) PENERAPAN JURNALISME BENCANA DI MEDIA ONLINE (Studi Pada Media Antarariau.com dalam Liputan Berita Banjir di Provinsi Riau Tahun 2019). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Annisatul Husna Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : PENERAPAN JURNALISME BENCANA DI MEDIA ONLINE (Studi Pada Media Antarariau.com dalam Liputan Berita Banjir di Provinsi Riau Tahun 2019) Jurnalisme bencana adalah kegiatan jurnalistik yang berhubungan dengan liputan peristiwa bencana,dimana media memberitakan suatu peristiwa bencana dengan menerapkan prinsip liputan bencana dan fase-fase liputan bencana. Kini jurnalisme bencana menjadi bahasan penting dalam dunia jurnalistik karena negara Indonesia merupakan negara yang rentan dilanda bencana. Namun pemberitaan mengenai bencana selama ini selalu menuai kritik dan cenderung lebih banyak menampilkan sisi dramatis. Penelitian ini menggunakan teori penerapan Edwar III, Emerson Gindle dan Mize. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian diuraikan dengan metode deskriptif kulitatif. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana media Antarariau menerapkan jurnalisme bencana ketika melakukan liputan bencana dilapangan Informan penelitian ada 3 orang yaitu Kepala Biro (Redaktur) dan wartawan. Hasil dari temuan peneliti yaitu jurnalis media Antarariau.com telah memahami konsep jurnalisme bencana ,meski dalam prateknya jurnalis belum maksimal menerapkan setiap prinsip jurnalisme bencana baik pada fase prabencana,tanggap bencana dan pascabencana. Kata Kunci : Jurnalisme bencana, bencana, Antarariau, Fase bencana

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 15 Sep 2020 03:54
Last Modified: 15 Sep 2020 03:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30369

Actions (login required)

View Item View Item