Delfi Gusnia Delza, - (2020) ANALISIS METODE PEMBELAJARAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (10MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (610kB) |
Abstract
ABSTRAK Delfi Gusnia Delza, (2020 : Analisis Metode Pembelajaran Simulasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tambang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran simulasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tambang. Penelitian dilatar belakangi oleh masih terdapat siswa yang belum maksimal dalam melaksanakan kegiatan uji coba simulasi dan masih terdapat siswa yang tidak berpartisipasi dalam kegiatan simulasi sehingga pemahaman atau ketrampilan terhadap materi belum maksimal. Selanjutnya Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang guru kewirausahaan dan siswa kelas XII yang berjumlah 24 orang siswa. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran simulasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran simulasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tambang dapat dikatakan cukup berhasil, karena terdapat peningkatan persentase dari observasi guru dan siswa dari awal sampai akhir. Pada observasi pertama penerapan metode pembelajaran cukup baik dan hasil belajar cukup baik. Pada observasi kedua penerapan metode pembelajaran meningkat berada pada kategori baik dan hasil belajar juga meningkat. Pada observasi ketiga penerapan metode pembelajaran meningkat dari sebelumnya dan hasil belajar juga meningkat dari sebelumnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tambang. Kata kunci: Metode Pembelajaran Simulasi, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 15 Sep 2020 04:02 |
Last Modified: | 15 Sep 2020 04:03 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30348 |
Actions (login required)
View Item |